Manfaat Bunga Kitolod Untuk Obat Mata Hingga Kanker

Posted by

Memetik Manfaat Dari Tanaman Bunga Bintang (Kitolod) Untuk Mengobati Katarak, Sakit Gigi, Asma Hingga Kanker

Ki tolod adalah tumbuhan obat berupa terna tegak yang tingginya mencapai 60 cm. Tumbuhan ini juga disebut ki tolod, daun tolod, kendali, sangkobak. Walaupun tumbuhan ini memiliki sifat anti-radang, namun sayangnya, getah tumbuhan ini beracun. Nama ilmiah tanaman bunga kitolod menurut wikipedia adalah Hippobroma longiflora
Kitolod
Kitolod memiliki bunga berwarna putih yang muncul dari ketiak daun dan bertangkai panjang. Daun kitolod adalah daun tunggal berbentuk meruncing dan sedikit bergerigi. Batangnya tegak, menopang daun, bunga dan buahnya hingga 60cm, dan pada pangkalnya memiliki getah yang beracun. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan secara vegetative (stek) dan generative (biji). Masing masing daun dan bunga kitolod memiliki manfaat tersendiri, namun perlu diingat bahwa tanaman kitolod yang anda gunakan sebagai obat harus bersih dan terbebas dari penyakit, jangan gunakan kitolod yang berasal dari tempat yang kotor dan banyak sampahnya seperti selokan, selain itu perlu diingat bahwa pangkal batang kitolod mengandung racun dan harus anda hindari.
Kitolod adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembab seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah atau sekitar danau. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Isotoma longiflora ini mengandung lobelin dan isotomin. Daun tanaman ini mengandung saponin, alkaloid, polifenol dan saponin. Kitolod dapat ditemukan di dataran rendah sekitar 1000 mdpl. Siapa yang sangka bahwa tanaman yang terabaikan ini terbukti memiliki efek untuk mengobati berbagai penyakit seperti iritasi mata, sakit gigi, asma, hingga kanker.
Tanaman kitolod atau kembang jangar / bunga bintang lima yang tumbuh liar di semak–semak, di tepi jalan, di pinggir selokan, ternyata bunganya mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai penyakit mata seperti silinder, katarak, rabun jauh, rabun dekat, mata minus, plus, nyeri, dan perih. Dalam buku tentang obat herbal, dikatakan bunga kitolod mengandung senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi yang dapat mengobati beberapa penyakit mata.
Obat Alami Untuk Penyakit Mata (Katarak)

Salah satu fungsi yang paling umum dari bunga kitolod adalah sebagai obat mata yang mengalami iritasi, penggunaan kitolod sebagai obat mata sudah terbukti aman secara ilmiah. Cara menggunakannya adalah ambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunganya. Rendam bunga tersebut dalam air bersih selama beberapa menit, lalu teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata anda akan terasa perih dan sepat, ulangi hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Daun kitolod dapat berperan sebagai antibiotic alami untuk luka ringan seperti lecet atau robek. Cara penggunaannya sama seperti pada kasus sakit gigi, daun kitolod ditumbuk dan dibalurkan pada luka dan sekitarnya. Cara ini tidak dianjurkan untuk luka berat seperti luka sobek yang terlalu dalam karena jika daun tertinggal di dalam luka untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan infeksi. Katarak merupakan penyakit yang membutuhkan operasi medis untuk dapat disembuhkan dan dihilangkan. Namun siapa sangka bahwa tanaman kelas rendah seperti kitolod dapat menyembuhkan katarak, caranya adalah ambil selembar daun kitolod, patahkan tulang daunnya,tekan hingga mengeluarkan air dan campur airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Teteskan ke mata yang mengalami katarak.

Cara lain membuat obat mata dari bunga kitolod :
  • Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas yang berisi air bersih, diamkan beberapa menit.
  • Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.
  • ada saat penggunaan, mata terasa perih dan terasa sepet .itu hanya sebentar, kemudian lakukan berulang–ulang, minimal 3x sehari.
(Agar lebih aman, sebelum memutuskan menggunakan kitolod sebagai obat mata dan bagaimana cara yang benar menggunakan kitolod, sebaiknya dan sangat disarankan agar anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal terdekat disekitar anda. Hal ini untuk mencegah timbulnya efek samping karena mata adalah organ yang sangat sensitif dan sangat berharga).
Tips Menanam Kitolod si Bunga Bintang
  • Budidaya kitolod tahapan awalnya yakni melakukan pembibitan yang dapat dilakukan dengan memisahkan tunas rumpun bibit dari rumpun indukan yang rimbun. diusahakan memilih tunas yang tumbuh dengan baik serta Anda harus memisahkannya dari rumpun indukannya dengan hati-hati. Kemudian setelah terpisah maka bibit bisa segera langsung ditanam di media tanam dan tempat yang dikehendaki.
  • Sebelum budidaya kitolod terlebih dahulu Anda harus membuat media tanam yang akan digunakan sebagai media tanam bunga kitolod. Buat dari campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tahap selanjutnya campur sampai merata. Kemudian selanjutnya bibit ditanam di media tanam tadi. Timbun dengan baik dan berikan sedikit tekanan agar disekitar pangkal bibit agar kuat dan tidak roboh. lakukan penyiraman secara rutin yang bertujuan agar bibit tumbuh baik.
  • Pada budidaya kitolod perawatan dilakukan dengan menyiramnya 5–7 hari sekali dan tak lupa memberikan pupuk setidaknya 3 bulan sekali. 
Obat Alami Untuk Sakit Gigi, Asma dan Radang Tenggorokan
Sakit gigi dapat diobati menggunakan tanaman kitolod khususnya daunnya. Caranya adalah tumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus dan letakkan ke dalam gigi yang berlubang. Cara ini sebenarnya hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit saja, untuk penyembuhan anda bisa melakukan pencabutan atau penambalan gigi.

Daun kitolod dipercaya bisa digunakan untuk mengobati asma, radang tenggorokan dan bronchitis secara tradisional. Caranya adalah dengan merebus 2-3 daun kitolod yang bersih, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari.

Obat Alami Kanker

Daun kitolod dipercaya memiliki khasiat untuk obat alami kanker. Caranya adalah rebus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel di batangnya (hindari pangkal batang) dalam 5 gelas air bersih, biarkan menguap hingga hanya menyisakan 1 gelas air dan minum 1 kali sehari. Karena rasanya tidak enak, anda tidak harus menghabiskannya dan dapat meminumnya sedikit demi sedikit.

Note: Berbagai manfaat tanaman kitolod diatas masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar bisa dibuktikan secara ilmiah, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya sebelum menggunakan kitolod sebagai obat untuk menghindari efek negatif dan bahaya yang mungkin timbul.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 02:01
Powered by Blogger.