Apa Maksud dari ISLAM, IMAN, IHSAN?

Posted by

Dari Umar bin Khaththab ra., ia berkata: "Ketika kami sedang duduk di dekat Rasulullah saw. tiba-tiba muncul seorang lelaki berpakaian putih, berambut hitam pekat, bekas jalannya tidak terlihat dan tidak seorangpun diantara kami mengenalinya. Ia duduk menghadap Beliau saw lalu menyandarkan kedua lutunya ke lutut Nabi dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha Nabi, seraya berkata:

"Wahai Muhammad terangkan kepadaku tentang ISLAM!"
Rasulullah saw menjawab: Islam adalah hendaknya engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, memberikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan melakukan ibadah haji ke Baitullah jika memenuhi syaratnya." Ia berkata: "Engkau benar !" Kami keheranan karenanya, dia bertanya tapi membenarkannya.

Lebih lanjut ia berkata: "Sekarang terangkanlah kepadaku tentang IMAN!"
Rasulullah saw menjawab :"Yaitu engkau beriman kepada Allah, kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, dan hari akhir, serta engkau beriman kepada baik dan jeleknya taqdir. Ia berkata : "Engkau benar".

"Selanjutnya terangkan kepadaku tentang IHSAN!"
Rasulullah saw menjawab: " Yaitu hendaknya engkau beribadah kepada Allah seakan-akan melihat-Nya. Ketahuilah bahwa Dia selalu melihatmu".

Orang itu kembali bertanya:"Beritahukan kepadaku kapan terjadinya hari kiamat?" Rasulullah saw menjawab: "Tidakkah orang yang bertanya lebih mengetahui daripada yang ditanya?" Orang itu berkata lagi :"Kalau begitu beritahukanlah tanda-tanda (terjadinya) hari kiamat!"

Rasulullah saw menjawab:" Yaitu apabila budak perempuan melahirkan bayi perempuan yang akan menjadi majikannya dan engkau akan melihat orang yang asalnya tidak bersandal, telanjang, papa, penggembala kambing, menjadi orang-orang yang saling berlomba meninggikan bangunan rumahnya." Kemudian orang itu berlalu.

Kami terdiam beberapa saat. Lalu Rasulullah saw bertanya:" Hai Umar, tahukah engkau siapa yang bertanya tadi?" Umar menjawab: " Allah dan Rasulnya yang lebih tahu." Rasulullah saw memberitahukan: "Dia adalah Jibril. Ia datang untuk mengajari kalian tentang agama Islam."
(HR. MUSLIM).

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 06:15
Powered by Blogger.