MANFAAT BANYAK BERGERAK UNTUK TERAPI DIABETES

Posted by

Orang-orang yang mengidap diabetes tipe dua akibat gangguan fungsi insulin dapat meningkatkan kesehatan mereka dengan meningkatkan tingkat aktivitas. Mulai dari sering naik tangga, berjalan, atau bahkan kegiatan kecil seperti mengganti saluran televisi manual dan sering berdiri sudah cukup membantu.

Pemimpin studi Catherine Falconer mengatakan diabetes tipe dua sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tak sehat dan obesitas. Olahraga adalah salah satu cara untuk memperbaiki hal tersebut namun jika memang sulit dilakukan yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan aktivitas fisik.

"Penting untuk ditekankan bahwa aktivitas fisik itu termasuk semua bentuk gerakan dan orang-orang tak perlu selalu berpartisipasi dalam latihan yang terstruktur untuk menjadi aktif," ujar Falconer seperti dikutip dari Reuters pada Senin (30/3/2015).

"Apapun yang Anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi waktu duduk akan berdampak pada diabetes dan kesehatan umum Anda," lanjutnya.

Data dari 519 orang dewasa dengan diabetes tipe dua dari studi sebelumnya pada tahun 2006-2008 dikumpulkan oleh Falconer. Ia membandingkan hasil tes darah responden yang menghabiskan waktu 30 menit aktif lebih lama melakukan hal apa saja dengan mereka yang hanya duduk.

Hasilnya cukup dengan memangkas waktu duduk 30 menit berat dan lingkar pinggang responden bisa turun sedikit. Hasil tersebut jauh lebih baik lagi ketika mereka juga melakukan olahraga ringan, sedang, atau berat untuk mengganti waktu 30 menit mereka duduk diam.

Dipublikasi di Medicine and Science in Sports and Exercise mereka yang lebih aktif dilaporkan mempunyai berat tubuh, glukosa, dan lipid terkendali.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 15:56
Powered by Blogger.