POLA SARAPAN DAN MAKAN MALAM BISA KONTROL DIABETES

Posted by

Mengidap diabetes tipe 2 bukan berarti Anda kehilangan kenikmatan menyantap hidangan lezat. Beberapa pakar mengatakan mengatakan bahwa asal disertai dengan pola makan yang baik, para pengidap diabetes tetap bisa makan enak kok.

Bahkan, sebuah penelitian terbaru dari Israel mengatakan bahwa sarapan lebih banyak baik untuk mengontrol kadar gula darah agar tak terlalu tinggi. Itu artinya, para pengidap lebih disarankan untuk makan enak di pagi hari daripada malam hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Daniela Jakubowicz dari Tel Aviv University, Wolfson Medical Center di Israel, mengatakan bahwa kadar gula darah diatur oleh jam internal tubuh. Tubuh cenderung mengeluarkan gula darah lebih banyak setelah jam makan malam.

"Pengidap diabetes tipe 2 seringkali melakukan kesalahan dalam waktu makan. Mereka sering melewatkan sarapan dan makan lebih banyak di siang atau malam hari, padahal saat itu kadar gula darah dalam tubuh sedang memuncak," ungkap Dr Jakubowicz, dikutip dari Reuters.

Dalam penelitiannya, Dr Jakubowicz melihat pola makan 10 pasien diabetes tipe 2. Partisipan berumur 30 hingga 70 tahun, dan terbagi menjadi 8 pria dan 2 wanita. Mereka lalu dibagi dua kelompok, dengan satu kelompok makan lebih banyak saat sarapan sementara kelompok lain makan lebih banyak saat makan malam.

Kelompok pertama mendapat jatah 700 kalori untuk sarapan dan 200 kalori untuk makan malam. Sementara kelompok kedua mendapat jatah 200 kalori sarapan dan 700 kalori makan malam. Kedua kelompok sama-sama mengonsumsi 600 kalori untuk makan siang.

Setelah dilakukan selama satu minggu, kelompok pertama memiliki hasil tes gula darah yang lebih baik. Kadar gula darah mereka setelah makan turun 20 persen sementara insulin naik 20 persen.

Penelitian Dr Jakubowicz ini diapresiasi oleh Anna Taylor, ahli gizi dari Cleveland Clinic di Ohio. Taylor mengatakan bahwa partisipan studi tidak memiliki komplikasi lain selain diabetes tipe 2 dan bagi pasien diabetes lain yang ingin mencoba metode ini, harus mendapat izin dari dokter mereka terlebih dahulu.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 16:01
Powered by Blogger.