Vonis 5 bulan untuk syiah penyerang az zikra

Posted by

Sidang putusan tingkat pertama, dalam kasus pemukulan, penganiayaan, pengeroyokan dan penculikan terhadap Habib Faishal Salim, petugas keamanan perumahan Az-Zikra dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/5/2015), sampai pada vonis Majelis Hakim.

Kelima terdakwa utama yakni Ibrahim al-Habsi, Ida Bagus, Haratistis Dewa Kharisme, Syamsuri Bin Iman, Sayrifudin. Pada Sidang putusan tingkat pertama, mereka semua diganjar dengan Pasal 170 Ayat 2 KUHP. Adapun masa hukuman yang akan mereka jalani menjadi; Ibrahim (enam bulan), Ida Bagus (sembilan bulan), Haratistis (lima bulan), Syamsuri (lima bulan), Syarifudin (lima bulan).

Menurut majelis hakim, yang memberatkan adalah para terdakwa bertindak main hakim sendiri. Sedangkan yang meringankan terdakwa karena mengaku bersalah secara lisan maupun tulisan, tidak mempunyai catatan kriminal, berjanji tidak akan mengulangi lagi, sudah islah kepada pihak Az-Zikra. Hal tersebut membuat hakim memutuskan hukuman lebih ringan dari tuntutan Jaksa.

Sedangkan ke-29 terdakwa lainnya tinggal tujuh hari menjalani hukuman kurungan, dan langsung dikirim ke tahanan Lapas Pondok Rajek. Karena ke-29 tersangka hanya diganjar hukuman tiga bulan tujuh hari.

Bagi ke-16 terdakwa menyetujui pengacara yang ditunjuk pengadilan. Namun, kelima terdakwa utama dan 13 orang lainnya, menolak pembelaan dari pengacara. Salah satu keluarga terdakwa Iwan, yang hanya ikut-ikutan berharap anaknya segera bebas.

“Saya merasa bersyukur,” ujar seorang bapak yang anaknya ikut masuk ke dalam kasus ini lantaran hanya ikut-ikutan.

Menurut putusan tersebut dia akan keluar tujuh hari lagi. Sementara itu Juru Bicara Az-Zikra, Ustadz Ahmad Syuhada menanggapi hal ini biasa saja. Pihaknya tidak akan melanjutkan apa-apa dalam kasus ini. Karena dia mengaku sudah lelah dengan sidang ini.

“Biarkan nanti sidang di akhirat yang memutuskan,” tegasnya seperti ditulis ROL


loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 01:28
Powered by Blogger.