Cara Mendeteksi Kanker Getah Bening Sejak Dini

Posted by

Deteksi dini kanker kelenjar getah bening. Silahkan anda Coba periksa bagian selangkangan, bawah dagu, ketiak dan pangkal paha Anda. Jika ada pembengkakan atau benjolan pada organ itu, semoga Anda tidak mengidap penyakit kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan bagian terpenting sistem kekebalan tubuh manusia, membantu tubuh mengenali dan melawan kuman, infeksi, serta zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Kelenjar getah bening berada dalam kelompok, dan setiap kelompok berada di area tertentu dari tubuh kita, seperti disebutkan pada bagian awal artikel ini.

Penyakit kelenjar getah bening adalah pembengkakan yang terjadi pada organ tersebut akibat adanya bakteri, virus, atau serangan kanker.

Benjolan yang bentuknya kecil, bulat seperti kacang, merupakan sekelompok sel kombinasi limfosit yang tertutup seperti oleh sebuah kapsul jaringan ikat.

Beberapa hal yang menyebabkan timbulnya penyakit  kelenjar getah bening yaitu:
1. Faktor genetik/keturunan
2. Menurunnya kekebalan tubuh
3. Racun atau radikal bebas akibat herbisida, bahan pengawet makanan dan pewarna kimia
4. Kurang olahraga
5. Minuman alkohol
6. Kurang minum air putih
7. Merokok
8. Infeksi virus
9. Peradangan atau inflamasi
10. Kanker darah

Gejala:

- Pilek, sakit tenggorokan, demam dan infeksi saluran pernapasan

- Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, bawah dagu, ketiak atau pangkal paha

- Tungkai bengkak, akibat penyumbatan sistem getah bening karena pembengkakan di kelenjar getah bening terlalu jauh di bawah kulit

- Pembengkakan mengeras dan berkembang cepat, biasanya muncul tanpa sebab yang jelas hingga dua sampai empat minggu, terasa keras atau kenyal dan sakit saat ditekan

- Berkeringat di malam hari

- Kurang nafsu makan

- Penurunan berat badan

Untuk memastikannya, harus dilakukan tes darah di laboratorium guna memeriksa jumlah sel-sel darah lengkap, serta penyinaran Sinar X di bagian yang mengalami pembengkakan.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 09:42
Powered by Blogger.