Manfaat dan Cara Pakai Ciplukan Untuk Obat Alami

Posted by

Asal tanaman ciplukan secara pasti memang belum diketahui yang jelas tanaman ini tumbuh dimana-mana dan dianggap sebagai tanaman liar yang memenuhi semak belukar dengan buahnya yang agak manis sehingga sering menjadi camilan anak-anak yang sedang bermain ditegalan maupun disawah. Banyak orang dewasa yang masa kecilnya akrab dengan tanaman yang bernama ciplukan ini tanpa tahu ada manfaat tersembunyi didalamnya.


Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan pelbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet, nyurnyuran, dan kopok-kopokan.
Ciplukan adalah tanaman liar yang sering digunakan sebagai alat bermain masak-masakan oleh anak-anak terutama anak-anak perempuan. Dulu belum banyak yang tahu bahwa ternyata tanaman liar yang bernama ciplukan ini sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang disebagian daerah negara ini untuk ikhtiar pengobatan berbagai macam penyakit. Dan info yang beredar saat ini ternyata setelah diteliti, ciplukan memang mengandung berbagai zat aktif yang kemungkinan besar memang bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit secara alami.
Hampir semua bagian dari tumbuhan ciplukan berguna sebagai obat. Misalnya, akar tumbuhan ciplukan berguna untuk menyembuhkan penyakit cacing dan menurunkan demam pada anak. Daun tumbuhan ciplukan berguna untuk mengobati beragam cidera dan penyakit pada tubuh, seperti patah tulang, busung air, borok, bisul, keseleo, nyeri perut.
Tumbuhan ciplukan (Physalis angulata) diperkirakan berasal dari Amerika. Lalu menyebar ke beragam kawasan di dunia seperti Pasifik, Australia, dan Asia termasuk juga Indonesia. Di Indonesia sendiri jarang yang dibudidayakan lewat cara khusus.

Biasanya tanaman ciplukan tumbuh secara alami di halaman, ladang, kebun-kebun dan tempat terbuka yang lain. Banyak yang tidak tahu kalau tanaman unik ini yaitu tanaman herbal yang kaya manfaat.

Manfaat Tanaman Ciplukan Untuk Pengobatan Herbal

Hampir semua bagian dari tumbuhan ciplukan berguna sebagai obat. Misalnya, akar tumbuhan ciplukan berguna untuk menyembuhkan penyakit cacing dan menurunkan demam pada anak. Daun tumbuhan ciplukan berguna untuk mengobati beragam cidera dan penyakit pada tubuh, seperti patah tulang, busung air, borok, bisul, keseleo, nyeri perut.

Disamping itu buah ciplukan yang memiliki rasa manis berguna juga untuk mengobati penyakit kuning, epilepsi dan susah buang air kecil.

Cara Membuat Ramuan Herbal :

Berikut sebagian tehnis membuat ramuan herbal untuk mengobati beragam penyakit :

1. Diabetes Militus

Cara membuat ramuan ciplukan untuk obat kencing manis:
Bahan yang diperlukan yakni satu batang tumbuhan ciplukan utuh.
  • Cabut tumbuhan ciplukan beserta akar-akarnya dan dibersihkan. Tentang cara membuat ramuannya yakni seperti berikut. Bahan yang sudah disiapkan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas saja. 
  • Setelah dingin disaring. 
  • Minum air rebusan satu kali sehari.

2. Sakit Paru-Paru

Cara membuat ramuan ciplukan untuk sakit paru-paru:
Beberapa bahan yang diperlukan yaitu tumbuhan ciplukan utuh dengan akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Bahan herbal dibersihkan dengan air mengalir lalu direbus dalam 3-5 gelas air. Sesudah mendidih, angkat dan disaring. Ramuan diminum 3 kali sehari, masing-masing satu gelas.

3. Borok

Cara meramu ciplukan untuk mengobati penyakit borok:
Bahan yang diperlukan yakni satu genggam daun ciplukan dan 2 sendok air kapur sirih. Tumbuk semua bahan sampai halus, lalu tempelkan dibagian yang sakit.

4. Ciplukan Untuk Obat Asam Urat

Cara Membuat Obat Herbal Asam Urat dari Tumbuhan Ciplukan :
  • Siapkan satu batang tumbuhan ciplukan termasuk buah, batang dan daun
  • Kemudian, cuci hingga bersih dengan air mengalir
  • Rebus tumbuhan tersebut dengan 3 gelas air
  • Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan 1 gelas air
  • Setelah itu saring dan dinginkan
  • Kemudian konsumsi air rebusan secara rutin
Cara mengobati asam urat dengan tanaman ciplukan memang dikategorikan pengobatan alami. Tetapi, sampai saat ini tidak ada bukti secara ilmiah, yang menyebutkan khasiat ciplukan untuk asam urat.  Tentunya masih diperlukan penelitian lebih lanjut secara ilmiah tentang manfaat tanaman ciplukan ini agar bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan bisa mengurangi serta menghindarkan efek samping yang mungkin timbul jika menggunakan ciplukan untuk obat secara berlebihan tanpa konsultasi dulu dengan ahlinya (ahli herbal).

Perlu juga dicatat bahwa banyak tanaman herbal yang merupakan obat satu macam penyakit tetapi disisi lain ternyata bisa memicu atau memperparah penyakit lainnya, disinilah perlunya ahli herbal agar dosis dan cara penggunaan tanaman herbal sesuai dan tidak menimbulkan efek samping.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 20:42
Powered by Blogger.