Perbedaan Tanaman Lampes, Kemangi dan Sweet Basil

Posted by

Inilah 3 Jenis Tanaman Yang Hampir Mirip, Lampes, Kemangi dan Basil, Bagaimana Cara Mudah Membedakannya?
Tanaman Basil atau disebut juga "sweet basil" , biasanya dimanfaatkan pada kuliner Mediterania, memiliki nama latin Ocimum basilicum, benihnya bisa di beli di toko tanaman dan mengusung perusahaan pembibitan seperti Yates dari Australia atau Sang Hyang Seri dari negri sendiri, budidayanya cukup mudah, cukup disemaikan dalam pot dan kemudian dipindahkan ketika panjangnya kira kira 3 cm, dan warna daunnya menarik.
Lampes / Ruku-ruku yang cukup dikenal dalam kuliner sumatera barat, Kemangi yang biasa terdapat dalam lalapan atau pindang ikan, dan Basil merupakan tanaman keluarga Lamiaceae dengan Genus Ocimum.

Berikut ini Gambar 3 buah jenis "Basil" agar lebih mudah untuk membedakan dilihat dari ciri daunnya:

Lampes / Ruku Ruku

Kemangi / Selasih
 
Basil / Sweet Basil
Kemangi atau Selasih yang juga dikenal dengan sebutan lemon basil memiliki nama latin Ocimum citriodorum, dalam pemanfaatannya seringkali dihidangkan dalam bentuk lalapan segar bagi masyarakat Jawa barat, atau dimasukkan dalam pindang ikan Palembang. Rasa daun kemangi terasa pedas, dingin, manis, dan wangi aroma yang khas.

Tanaman ini bisa dibudidayakan dari stek batang atau penyemaiaan benih dari bunganya yang telah mengering. Saat tanaman ini tumbuh besar, pemetikan pucuk tanaman harus seringkali dilakukan untuk menghindari munculnya bunga, ketika bunga muncul maka daun akan mengecil sehingga sulit dimanfaatkan dan tampilannya kurang bagus.

Sebagai herbal banyak sekali manfaat kemangi antara lain sebagai sumber antioksidan, mengatasi gula darah, obat demam, antiseptik alami, mencegah timbulnya berbagai infeksi dan radang, meningkatkan imunitas tubuh dan lain-lain.

Ruku-ruku yang cukup populer pada kuliner Sumatra barat, biasanya dimanfaatkan daun segar dan batang mudanya sebagai bumbu dalam masakan gulai ikan seperti gulai ikan mas, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan holly basil dan memiliki nama latin Ocimum tenuiflorum, budidayanya sama seperti kemangi tetapi menurut saya pertumbuhan tanaman ini agak lambat tidak seperti kemangi, apabila anda ingin menanam tanaman ini coba tanyakan tetangga anda yang berasal dari keturunan minang dan memiliki hobi memasak mungkin bisa jadi dia menanamnya.
Ekstrak tanaman ruku-ruku tersebut secara farmakologi memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan E. coli, S. aureus serta P. aeruginosa.
Manfaat Ruku ruku / Lampes. Studi/ penelitian lain menunjukkan bahwa kerja kandungan Daun Lampes berkaitan dengan cellular antioxidant defence system. Ini berarti aktivitas penurun kadar gula darah dilakukan oleh senyawa yang bekerja sebagai antioksidan di dalam daun tersebut.

Selain sebagai antioksidan, penurun kadar gula, lampes juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

Tanaman Basil atau disebut juga "sweet basil" , biasanya dimanfaatkan pada kuliner Mediterania, memiliki nama latin Ocimum basilicum, benihnya bisa di beli di toko tanaman dan mengusung perusahaan pembibitan seperti Yates dari Australia atau Sang Hyang Seri dari negri sendiri, budidayanya cukup mudah, cukup disemaikan dalam pot dan kemudian dipindahkan ketika panjangnya kira kira 3 cm, dan warna daunnya menarik.
Manfaat Tanaman Basil Secara Umum Dalam Pengobatan Herbal

Mengatasi Batu ginjal
Tanaman ini baik untuk masalah ginjal, terutama batu ginjal. Dimana mengkonsumsi jus basil yang dicampur dengan madu selama 6 bulan, dapat membantu mengusir batu ginjal melalui saluran kemih.

Sebagai Anti-Stres
Daun Basil dianggap sebagai agen anti-stres. Studi terbaru menunjukkan bahwa daun basil mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan orang yang sehat bisa mengunyah 12 daun basil, dua kali sehari, untuk mencegah stres.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Basil ternyata memiliki manfaat baik bagi mereka yang mengalami berbagai masalah pencernaan, dengan cara membantu sekresi enzim pencernaan.

Pengobatan Diabetes Secara Alami
Akar basil ternyata baik untuk mengatasi masalah diabetes. Dimana Anda hanya cukup merendam bubuk dari akar basil ke air dalam waktu satu malam dan paginya langsung di minum di pagi hari. Obat herbal ini diklaim dapat membantu mempertahankan tingkat insulin di dalam tubuh dan merupakan obat alami untuk diabetes.

Jika melihat banyaknya manfaat dari jenis-jenis tanaman basil ini maka sangat dianjurkan untuk bisa menanam atau membudidayakannya dipekarangan rumah sebagai tanaman TOGA yang berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit secara alami, sudah saatnya kita kembali ke alam dan mengurangi konsumsi obat-obat kimiawi yang secara umum biasanya memiliki efek samping bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 23:30
Powered by Blogger.