Jenis-jenis Kuda dan Ciri-ciri Khasnya Yang Menonjol

Posted by

Jenis Kuda Poni

Kuda Aceh

Daerah sebaran kuda Aceh di sekitar danau Toba. Oleh karena itu, kuda Aceh sering disebut kuda Batak.
Ciri-ciri kuda Aceh antara lain :
Kuda aceh memiliki tinggi sekitar 1,32 meter,Rambut pada ekor dan tengkuk terlihat bagus,Kaki belakang agak ramping,Posisi ekor tinggi,Rump tinggi,Ukuran punggung panjang dan sempit,Kepala serasi,Leher kuda aceh kelihatan lemah dan pendek.Bentuk muka lurus,

Kuda Sumbawa

Jenis kuda ini banyak tersebar di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kuda Sumbawa ini terbagi menjadi dua ras yaitu Kuda Sumbawa dan Kuda Bima. Jika dilihat dari Postur tubuh kuda Bima lebih pendek rendah dari Kuda Sumbawa. Tinggi kuda Sumbawa berkisar antara 1,0 - 1,25 m. Kuda Sumbawa termasuk tipe kuda beban atau tipe kerja, mungkin kuda jenis ini sangat cocok untuk membajak atau menarik gerobak.

Kuda Sandel

Jenis kuda ini berasal dari Pulau Sumba. Kuda Sandel ini sering disebut kuda Sumba. Jenis Kuda ini adalah salah satu kuda terbaik di Indonesia.
Ciri-ciri kuda Sandel yaitu:bentuk tubuh kuda sandel serasi dan cenderung kecil,ukuran kepala kecil,Karakteristik kuda sandel agresif,bagian tubuh depan lebih besar dari bagian belakang,rambut tubuh lembut dan mengilap,memiliki beberapa warna,Tinggi kuda Sandel mencapai 1,3 m dan kecepatan larinya tinggi.ekor tampak tinggi,kuku pada keempat kaki kuat dan keras.

Kuda Flores

Kuda Flores banyak tersebar di pulau Flores. Kuda Flores terbagi menjadi dua jenis berdasarkan daerah sebaran yaitu Kuda Manggarai dan Kuda Ngada.
Ciri umum kuda Flores yaitu:Kuda Flores sering dimanfaatkan sebagai kuda tarik. warna kulit coklat kemerahan.

Kuda Batak

Jenis Kuda ini tersebar di Tapanuli Utara, di sekitar danau Toba. Bentuk kuda batak menyerupai kuda Mongol. Ciri-ciri kuda batak antara lain yaitu: Tubuhnya kecil, tingginya kurang dari 1,20 m. Perimbangan tubuhnya baik. Hidung dari kuda batak besar, dan agak sedikit panjang. Kepala dari kuda jenis ini sangat sukar ditundukkan secara sempurna karena tengkuknya yg agak pendek, warnanya juga bermacam-macam, ekor duduknya tinggi, tipe kuda beban.

Kuda Sumatra

Jenis Kuda ini pada umumnya berwarna coklat dan warna coklat tua kemerah-merahan dengan rambut ekor dan kaki bagian bawahnya berwarna hitam. Kemudian bentuk kepala kuda sumatra ini agak besar dengan bentuk leher lebar dan pendek. Rambut kepala kasar dan berdiri. selain itu juga bentuk kakinya tampak langsing dan berbulu di bagian persendiannya.

Kuda American Saddle Horse

Jenis kuda yang satu ini banyak dikembangbiakkan didaerah-daerah perkebunan di negara bagian Amerika Serikat (AS). Bisa dibilang hampir semua Kuda Amerika Saddle Horse ialah keturunan dari kuda Denmark. Ciri-ciri yang menonjol dari jenis kuda ini yaitu enak dinaiki untuk jarak jauh dan dapat dipekerjakan sambil membawa beban.

Kuda Arab

Ada yang menyebutkan bahwa Kuda Arab berasal dari Mesir, tetapi jenis kuda ini telah dikembangkan di Arab sampai mencapai bentuk seperti yang ada sekarang ini. Karakteristik yang sangat menonjol dari kuda Arab yaitu kecepatan daya tahan tubuhnya (stamina) dan kecantikannya. Jenis Kuda ini sangat terkenal karena mempunyai sifat yang sangat jinak.

Kuda Hockney

Jenis kuda yang satu ini merupakan keturunan dari kuda jantan Thoroughbred yang di kawin silangkan dengan kuda betina asli Inggis. Pada mulanya jenis kuda ini merupakan kuda tunggang, tetapi juga dipakai sebagai kuda pekerja. Baca juga : CARA PEMELIHARAAN LARVA, BIBIT IKAN LELE HINGGA PEMBESARAN

Kuda Thoroughbred

Pada awalnya jenis Kuda ini dikembangkan oleh keluarga raja Inggris sebelum diimpor ke negara Amerika. Karena jenis kuda ini digunakan oleh keluarga raja di Inggris, maka muncullah istilah “ olahraga raja” karena bangsawan Inggris mengembangbiakan dan melombakan kuda jenis ini yang penampilannya bagus sekali. karakteristik yang sangat menonjol dari kuda ini adalah kecepatan lari dan daya tahannya.

Kuda Australia

Jenis Kuda ini adalah keturunan dari kuda Thoroughbreed yang menyebar sampai ke Amerika Serikat. Di negara Australia terdapat berbagai jenis kuda yang berasal dari negara Inggris seperti kuda Shire, Kuda Suffolk dan kuda Clydesdale untuk menarik beban berat, Kuda Inggris untuk pacuan, dan kuda Hackney untuk menarik beban yang ringan. Baca Juga : PROSES PEMIJAHAN IKAN LELE SECARA ALAMI DAN BUATAN

Kuda Welsh Pony

Kuda jenis ini berasal dari Wales. Daerah yang berat, dan wilayah yang bergunung-gunung dan tumbuh-tumbuhan yang jarang merupakan seleksi alam sehingga hanya yang paling tangguh saja yang dapat bertahan hidup. Jenis kuda ini agak lebih besar dari Shetland dan juga terkenal sebagai kuda pony untuk pertunjukan dan sering disilangkan dengan kuda Thoroughbred. kuda ini juga berguna untuk pacuan, ternak kerja dan untuk berburu.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 18:24
Powered by Blogger.