Tanaman Akar Kucing, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

Posted by

Manfaat Akar Kucing Bagi Kesehatan dan Pengobatan. Tanaman Akar kucing dapat digunakan sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh dan anti peradangan. Akar kucing paling umum digunakan untuk mengatasi gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Ia digunakan untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan termasuk pembengkakan dan nyeri pada usus besar (diverticulitis) sindrom iritasi usus besar, colitis, dan penyakit Crohn. Tanaman yang sangat disukai kucing, terutama dibagian akarnya yah, bahkan ada juga yang membari nama tanaman ini dengan nama Kucing-kucingan, Kucing galak, Akar kucing, Cakar kucing, bayam liar. Banyak sekali nama lokalnya, tetapi nama ilmiahnya adalah acalypha indica.

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.
Ada beberapa obat yang dapat berpengaruh dengan akar kucing, khususnya:
  • obat yang diubah oleh liver
  • obat yang menurunkan sistem kekebalan tubuh
  • obat untuk tekanan darah tinggi Anda sebaiknya bertanya pada dokter untuk nasihat dan daftar semua obat, obat herbal, dan suplemen yang Anda gunakan kepada dokter Anda.
Beberapa orang menggunakan akar kucing untuk infeksi virus termasuk sirap (disebabkan oleh herpes zoster), luka dingin (disebabkan oleh herpes simplex), dan AIDS (disebabkan virus HIV).

Akar kucing dapat juga digunakan untuk sindrom kelelahan kronis (CDS), penyembuhan luka, parasit, penyakit Alzheimer, asma, alergi serbuk bunga, kanker (khususnya kanker saluran kemih), kanker otak jenis tertentu yang disebut glioblastoma, gonorrhea, dysentery, alat KB, sakit tulang, dan “pembersihan” ginjal.
Anting-anting atau akar kucing dapat mengobati berak darah, mimisan dan batuk. Untuk menerapkannya Anda siapkan 30-60 gram anting-anting kering. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu dinginkan dan diminum 2 kali sehari sekali minum 1/2 gelas.

Disentri
Disentri juga bisa diobati dengan Anting-anting, caranya sama dengan cara mengobati berak darah, mimisan dan batuk. Hanya saja minum ramuan ini secara teratur 5-10 hari.

Diare dan Muntah Darah
Untuk mengobati diare dan muntah caranya sama yaitu dengan menyiapkan 30-60 gram anting-anting kering kemudian di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisia 1 gelas saja. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas

Pendarahan dan Luka Bakar
Untuk mengatasi pendarahan dan luka bakar cukup lumatkan anting-anting segar secukupnya lalu campur dengan gula pasir secukupnya. Kemudian tempelkan pada bagian yang luka.

Beberapa Manfaat Akar Kucing Yang Diyakini dan Beredar di Masyarakat tetapi Masih Memerlukan Penelitian Lebih Lanjut Secara Medis:
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Mencegah serangan kuman dan bakteri
  • Menghentikan pendarahan berlebih
  • Mengurangi gejala muntah darah
    Obat kencing nanah
  • Mengatasi buang air besar berdarah
  • Menyembuhkan penyakit malaria
  • Anti diare
  • Melancarkan buang air besar
  • Mencegah penyakit disentri
  • Penambah berat badan untuk anak
  • Mengatasi gejala batuk
  • Menyembuhkan luka bakar ringan
  • Obat penyakit kulit
  • Anti inflamasi alami
  • Melancarkan saluran kemih
  • Mencegah penyakit infeksi saluran kemih

Tidak ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan efek akar kucing yang memiliki aksi anti peradangan dan stimulan untuk sistem imun. Fungsi akar kucing ini mungkin diakibatkan kombinasi aksi beberapa komponen kimianya, tapi tidak ada penelitian yang memastikan kemungkinan tersebut.

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.
Berapa dosis yang biasa digunakan untuk akar kucing untuk orang dewasa?

1 g kulit akar diberikan 2-3 kali setiap hari sebagai dosis normal, sedangkan untuk ekstrak kulit akar direkomendasikan sebanyak 20-30 mg. Tidak ada cukup penelitian klinis yang tersedia untuk membantu menetapkan dosis yang sesuai. Dosis suplemen herbal ini dapat berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Akar kucing dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk hipotensi dan diare, mual, dan perut tidak nyaman. Beberapa dilaporkan mengalami reaksi alergi, efek pada ginjal, neuropati, dan meningkatnya risiko perdarahan dengan terapi antikoagulan.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Belum ada konfirmasi apakah akar kucing efektif dalam mengobati kondisi medis. Penggunaan akar kucing belum disetujui oleh FDA.

Gunakan hati-hati untuk mengurangi tekanan darah, jika penurunannya signifikan, hentikan penggunaan akar kucing.

Hentikan penggunaan akar kucing minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dilarang memberikan akar kucing pada anak-anak sampai penelitian lebih lanjut tersedia.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa akar kucing mungkin tidak aman saat hamil jika diminum. Tidak diketahui keamanan akar kucing jika digunakan saat menyusui. Hindari menggunakan akar kucing jika Anda hamil atau menyusui.

Akar kucing dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif. Ini dapat meningkatkan gejala penyakit autoimun. Ada kekhawatiran bahwa akar kucing dapat meningkatkan risiko memar atau perdarahan pada orang dengan masalah perdarahan.

Ada beberapa bukti bahwa akar kucing dapat menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah Anda sudah rendah, obat herbal ini dapat menimbulkan masalah.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 06:45
Powered by Blogger.