Alhamdulillah......Masih Bisa Bertemu Ramadhan Lagi

Posted by


Marhaban Yaa Ramadhan...Marhaban yaa Sahrul Qur'an.. Sebuah spanduk menyambut kedatangan bulan suci Ramdhan terpampang melintang di atas jalan disamping sebuah musholla yang insya Allah setiap bulan Ramadhan selalu penuh jamaah tarawih meskipun hanya di awal-awal bulan saja penuhnya, alhamdulillah, daripada tidak pernah penuh sama sekali. Kegiatan tadarus juga tetap ada, kultum subuh juga masih bertahan mudah-mudahan bisa sebulan penuh karena tahun lalu cuma setangah bulan.
Alhamdulillah....adalah ucapan yang seharusnya keluar dari mulut seorang muslim ketika Ramadhan tiba, kenapa? Karena inilah ungkapan rasa syukur dari seorang muslim yang masih diberi kesempatan untuk bisa me"manen" pahala sebanyak-banyaknya meskipun dengan amalan yang kelihatannya cuma sederhana. Karena Allah menjanjikan balasan yang berlipat ganda atas semua amal ibadah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan.
Alhamdulillah....juga merupakan wujud syukur karena Allah telah memanjangkan umur kita setahun dari Ramadhan tahun lalu hingga memasuki Ramadhan tahun ini. Bagaimana Ramadhan tahun depan? wallahua'lam, bisakah kita menemuinya lagi? hanya Allah yang Maha Tahu. Seperti sebuah tulisan yang juga terpampang di spanduk samping musholla untuk sekat jamaah putri biar tidak "masuk angin" yang berbunyi : Tips cerdas untuk bisa sukses adalah INGATLAH MATI yang berciri 3 hal yaitu : Mati itu PASTI, Mati itu Ghaib, Mati itu TIBA-TIBA. Subhanallah!! sebuah tulisan yang sederhana tapi bermakna sangat dalam. Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati, itulah janji Allah dalam Alquran dan janji Allah adalah selalu tepat dan pasti terjadi.
Alhamdulillah....atas semua rezeki yang telah dikaruniakan Allah dari Ramadhan tahun lalu hingga Ramadhan tahun ini. Apabila kita mau berhitung berapa rezeki yang telah Allah limpahkan selama setahun yang lalu niscaya dengan komputer tercanggihpun kita tidak akan mampu menghitungnya. Janganlah kita cuma berfikir yang namanya rezeki itu hanya harta atau uang tapi semua yang telah Allah limpahkan kepada kita adalah rezeki seperti kesehatan, anak keturunan, tetangga yang baik, teman yang baik, udara dan air yang bersih dll...dll..dll. Kita tidak akan bisa menyebutkannya satu persatu.
Alhamdulillah....Alhamdulillah kita masih diberi fasilitas yang bernama Ramadhan, kenapa Ramadhan kita sebut fasilitas? Seperti tulisan teman saya, Ramadhan adalah fasilitas untuk orang muslim untuk meningkatkan derajat ketaqwaannya tentu saja bagi yang mau, karena namanya juga fasilitas maka boleh dipakai boleh juga tidak terserah masing-masing individu. Dan semua pilihan tentu ada konsekuensinya masing-masing yang akan ditanggung oleh si pemilih dan bukan oleh orang lain. Ramadhan adalah fasilitas kita untuk bisa beribadah bahkan sampai 1000 bulan dimana umur umat nabi Muhammad sangat jarang  sampai apabila dihitung sebagai bulan-bulan biasa. Masihkah fasilitas ini akan kita sia-siakan? Kenyataan membuktikan bahwa kebanyakan dari kita masih meremehkannya, na'udzubillah.
Alhamdulillah...kita diberi kesempatan menghidupkan malam Ramadhan dengan tarawih berjamaah dan tadarus yang pada bulan-bulan selain Ramadhan kita sangat berat mengerjakannya. Inilah bukti bahwa suatu amalan yang kita kerjakan secara berjamaah, yang tentunya harus sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulnya akan lebih ringan dan lebih indah untuk dikerjakan. Kalau kita ingat dibulan selain Ramadhan, alangkah beratnya melaksanakan sholat malam (tahajud), alangkah malasnya untuk tilawah Alquran, alangkah susahnya untuk bisa sholat wajib berjamaah di masjid/musholla. Kenapa? karena kita sholat malam sendirian melawan dingin dan kantuk, membaca Alquran sendirian dirumah yang pasti banyak godaannya, aktifitas ditempat kerja yang jauh dari musholla maupun karena kesibukan yang kadang kita lebih pentingkan daripada sholat, padahal seharusnya sholat adalah perkara terpenting yang harus dikerjakan seorang muslim ketika waktunya tiba atau ketika mendengar adzan berkumandang. Subhanallah...mudah-mudahan Allah memberi kita kekuatan untuk menegakkannya..Aamiiiin.
MARHABAN YAA RAMADHAN.......SEMOGA ALLAH MEMBUKAKAN HATI HATI KITA UNTUK BISA SELALU MELIHAT BAHWA PERKARA YANG HAQ ITU HAQ ADANYA DAN MEMBERI KITA KEKUATAN UNTUK MELAKSANAKANNYA DAN PERKARA YANG BATIL ITU BATIL ADANYA DAN ALLAH MEMBERI KITA KEKUATAN UNTUK MENJAUHINYA. AAMIIN YA RABBAL 'AALAMIIN.
Wallahua'lam bishshowab.

Silahkan BACA JUGA: Ayo Raih Berkah Ramadhan Dengan Tidak Berlaku Konsumtif (KLIK DISINI)

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 22:48
Powered by Blogger.