BAHAYA ASAP ROKOK BAGI ANAK KECIL

Posted by

Orang tua sebaiknya berpikir ribuan kali sebelum merokok di dekat sang anak. Sebuah studi mengungkapkan bahwa menjadi perokok pasif alias sering terpapar asap rokok dapat membuat anak kelak berisiko mengalami penyumbatan arteri.

Studi ini sendiri dilakukan oleh tim peneliti dari Finlandia selama lebih kurang 26 tahun. Ditemukan bahwa anak-anak yang sering terpapar asap rokok, baik dari orang tuanya maupun dari orang lain di sekitarnya lebih berisiko untuk memiliki plak di arteri karotisnya saat dewasa, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terpapar asap rokok.

"Temuan ini menguatkan bahwa efek negatif dari menjadi perokok pasif pada anak-anak tidak terbatas pada masalah pernapasan atau kesehatan perkembangan saja, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan jantung," ungkap Costan G. Magnussen dari Menzies Research Institute Tasmania di Hobart, Australia, seperti dikutip dari Fox News pada Kamis (26/3/2015).

Dalam studi ini, peneliti menggunakan sampel darah beku dari lebih dari 1.000 anak-anak berusia 3-18 tahun. Sampel darah ini dikumpulkan bersama dengan laporan terkait status merokok pada orang tua mereka. Beberapa tahun kemudian, pada anak-anak tersebut juga dilakukan uji scan untuk melihat kondisi pembuluh darah mereka.

Peneliti menguji sampel darah untuk melihat tingkat cotinine. Jumlah cotinine sendiri dapat menunjukkan banyaknya nikotin yang dihisap oleh seseorang. Sementara itu dari hasil scan dlihat kondisi penumpukan plak di arteri karotis dan pembuluh darah di leher. Menurut National Institutes of Health, plak pada karotis diketahui dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, meningkatkan bekuan darah serta risiko stroke.

Dari hasil penelitian, para penulis berasumsi bahwa anak-anak yang tidak memiliki cotinine dalam darahnya namun orang tuanya merokok bisa saja terjadi. Kemungkinan orang tuanya sudah berhati-hati untuk menjaga jarak dengan anaknya saat merokok.

Sementara itu, anak-anak dari orang tua perokok yang cenderung merokok sembarangan memilki cotinine lebih banyak. Mereka juga disebut-sebut empat kali lebih mungkin untuk memiliki plak arteri karotis.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 19:45
Powered by Blogger.