HUBUNGAN MAKANAN DENGAN SIFAT ORANG

Posted by

Umumnya setiap orang mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka. Tapi tahukah Anda ternyata ada jenis makanan yang dapat mendorong orang agar memiliki keinginan untuk bermurah hati untuk memberi.

Ternyata ada lho bahan-bahan makanan yang bisa membuat orang menjadi lebih murah hati dan mau berbagi. Bahan-bahan makanan seperti apakah itu?

Dikutip dari Telegraph pada Kamis (5/2/2015), dikatakan bahwa makanan seperti telur, ikan, keju, soya, mengandung asam amino yang menstimulasi produksi serotonin. Berdasarkan studi dari Universitas Leiden di Netherlands, komposisi yang bernama tryptohan dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk lebih bermurah hati, misalnya untuk menyumbangkan atau mendonasikan uang.

Peneliti menguji hal tersebut dengan membagi responden ke dalam 2 kelompok. 1 kelompok terdiri dari 16 orang yang diberikan jus orange dengan diberikan tryptophan.

Setiap responden dalam penelitian itu diberikan Euro 10 (sekitar Rp 144 ribu) untuk keterlibatan mereka dalam penelitian tersebut. Setelah itu mereka dibiarkan untuk memutuskan, apakah mereka akan memasukkan sebagian dari uang tersebut ke dalam kotak yang tersedia.

Kotak tersebut ialah kotak dari charitable organisations-Unicef, Amnesty International, Greenpeace and WWF. Peneliti memperhatikan kelompok manakah yang lebih banyak memberikan uang pada kotak tersebut.

Penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Psikologi Frontiers ini menyimpulkan bahwa partisipan yang diberikan tryptophan secara signifikan memberikan lebih banyak uang dibandingkan mereka yang diberikan placebo.

"Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi kita adalah apa yang kita makan." Ternyata ada kaitan antara makanan tertentu dengan perilaku sosial seseorang dalam hal ini berkaitan dengan keinginan untuk berbagi," kata Laura Steenbergen, psikolog yang terlibat dalam penelitian ini.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 16:40
Powered by Blogger.