Keutamaan Sedekah dan Infaq

Posted by

Firman Allah SWT
"Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah SWT akan menggantinya" (QS Saba' : 39)

Allah maha kaya, pemilik segala yang ada di langit dan di bumi, Allah memberikan rezeki kepad makhluknya tanpa perhitungan. Apa yang kita nafkahkan di jalan Allah, maka akan Allah lipatgandakan menjadi berkali-kali lipat nilai yang kita sedekahkan.

Firman Allah SWT
" Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya untuk kamu sendiri. Dan jangan kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya". (QS Al-Baqarah: 272).

"Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan ( di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah maha mengetahui". (Al-Baqarah: 273).

Dari Adiy bin Hatim ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Takutlah kepada api neraka, walaupun hanya bersedekah dengan separuh biji kurma:. (HR Bukhari Muslim)

Dari Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash ra, ia berkata, seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW :"Perbuatan apa saja yang terbaik dalam Islam?" Beliau menjawab:" Memberi makan (pada orang yang kekurangan) dan mengucapkan salam, kepada orang yang kamu kenal maupun orang yang belum kamu kenal". (HR Bukhari-Muslim)

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: " Setiap pagi datang dua malaikat untuk setiap hamba, dan yang satu berdoa: " Ya Allah, gantilah orang yang menafkahkan hartanya", dan yang lain berdoa: " Ya Allah binasakanlah harta orang yang kikir". (HR Bukhari - Muslim).

Dari Abu Umamah Shuday bin  'Ajlan ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:" Wahai anak Adam, sesungguhnya jika kamu memberikan kelebihan hartamu maka itu sangat baik. Jika tidak, itu sangat jelek bagimu. Kamu tidaklah dicela karena kesederhanaanmu. Dahulukan orang yang menjadi tanggunganmu. Sebab tangan yang di atas (orang yang memberi) lebih baik daripada tangan yang dibawah (orang yang meminta)". (HR Muslim)

Demikian sedikit gambaran dari sebagian keutamaan bersedekah dan berinfaq menurut Alqur'an dan Sunnah. Semoga bermanfaat. Wallaahua'lam bishshowab.
Artikel Lainnya:

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 21:54
Powered by Blogger.