KONSUMSI ALKOHOL PENYEBAB KANKER HATI

Posted by

Orang yang minum tiga gelas atau lebih minuman beralkohol per hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati.

Para peneliti melacak data 8,2 juta orang yang ikut ambil bagian dalam 34 studi di seluruh dunia. Total ada 24.500 kasus kanker hati yang terjadi di antara peserta studi.

Tujuannya adalah untuk menentukan bagaimana diet, berat badan dan aktivitas fisik mempengaruhi risiko kanker hati. Penelitian yang telah dikumpulkan dan dikaji oleh tim ilmuwan di Imperial College London di Inggris ini kemudian secara independen dinilai oleh sebuah panel ahli internasional.

Seperti dilansir Health.com, para peneliti juga menemukan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati.

Salah satu penyebab utama dari kanker hati adalah makanan yang terkontaminasi oleh aflatoksin. Aflatoksin adalah racun yang dihasilkan oleh jamur, sering dihasilkan dari penyimpanan yang tidak tepat dari makanan.

Makanan yang mungkin dipengaruhi oleh aflatoksin termasuk sereal, rempah-rempah, kacang Brasil, cabai, lada hitam, buah kering dan buah ara.

Menurut para peneliti, Anda juga dapat mengurangi risiko kanker hati dengan mempertahankan berat badan yang sehat dan tidak minum alkohol atau membatasi asupan alkohol dengan takaran maksimal dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita.



loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 01:07
Powered by Blogger.