MAKANAN YANG BISA MEMICU KANKER

Posted by

Memilih makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Apa yang kita makan tentunya akan berpengaruh terhadap keadaan dan kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan yang salah akan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

Makanan yang salah bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala, penyakit kandung kemih, lever, pankreas, hingga kanker. Karena itu penting untuk mengetahui makanan apa saja yang berbahaya bagi tubuh dan bisa memicu kanker.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kanker, seperti dilansir oleh Boldsky(04/02).

1. Buah dan sayur yang mengandung pestisida
Buah dan sayur memang menyehatkan. Namun tidak dengan buah dan sayur yang mengandung pestisida. Buah dan sayuran yang mengandung pestisida berkemungkinan besar juga mengandung karsinogen yang bisa memicu kanker.

2. Keripik kemasan
Berhati-hati saat memilih camilan untuk dikonsumsi. Beberapa camilan tak hanya tidak sehat tetapi juga bisa memicu kanker. Keripik kemasan berkemungkinan mengandung karsinogen yang bisa menyebabkan kanker dan berbagai masalah kesehatan.

3. Junk food
Sudah bukan rahasia lagi bahwa junk food dan makanan cepat saji merupakan makanan yang tak sehat. Junk food dan makanan cepat saji merupakan salah satu makanan yang bisa memicu kanker. Makanan ini mengandung zat perasa tambahan dan bahan pengawet yang berpotensi menjadi karsinogen dan menyebabkan kanker.

4. Daging olahan
Sosis, hot dog, daging babi panggang, dan daging olahan lainnya mengandung zat yang berpotensi untuk menjadi karsinogen dan memicu kanker. Jika Anda gemar mengonsumsi makanan ini, ada baiknya mulai pikirkan lagi kebiasaan tersebut. Makanan ini juga diklaim mengandung banyak bahan pengawet seperti sodium nitrat.

 5. Minyak sayur
Minyak sayur yang sudah dimodifikasi dalam hal warna, tekstur, serta bau (atau biasanya disebut dengan hydrogenated oil) berbahaya untuk kesehatan. Ditambah lagi jika minyak sayur ini digunakan dalam makanan olahan, maka tingkat karsinogennya akan semakin tinggi.

6. Makanan asin
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak makanan asin dan mengandung garam berkaitan dengan kanker. Makanan yang terlalu banyak mengandung garam sangat berkemungkinan memicu kanker. Terutama jika makanan tersebut adalah makanan olahan dan kemasan.

7. Makanan yang dibakar
Berhati-hatilah saat membakar makanan. Makanan yang dibakar dan diasapi berpotensi mengandung banyak karsinogen yang bisa memicu kanker.

8. Pemanis buatan
Meski pemanis buatan sering dianggap sebagai pengganti yang baik untuk gula, namun sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak. Pemanis buatan juga mengandung zat kimia yang bisa memicu kanker, seperti DKP yang ada pada pemanis buatan aspartame.


loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 01:33
Powered by Blogger.