Lailatul qadr malam paling mulia sepanjang tahun

Posted by

Mencermati firman Allah ‘Azza wa Jalla,

ﻟَﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟْﻘَﺪْﺭِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (Al-Qadr: 3)

Memberikan pengertian akan keagungan dan keutamaan lailatul qadr. Oleh karena itu, kebanyakan ulama salaf berpendapat bahwa lailatul qadr adalah malam yang paling utama di atas seluruh malam dalam setahun.

Ibnul Muflih rahimahullâh berkata, “Lailatul qadr adalah malam yang paling afdhal. Itu lebih afdhal daripada malam Jum’at berdasarkan ayat (Al-Qadr: 3). Al-Khaththâby menyebut hal tersebut sebagai sebuah kesepakatan.” [1] Demikian pula pernyataan An-Nawawy [2], Ibnul Mulaqqin [3], Al-Mardawy [4], Al-Haitsâmy [5], dan selain mereka.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullâh ditanya tentang lailatul qadr dan malam ketika Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam diperjalankan ke Baitul Maqdis (perisriwa Isra` dan Mi’raj).

Beliau menjawab bahwa malam Isra` lebih afdhal terhadap hak Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam, sedangkan lailatul qadr lebih afdhal terhadap umat Islam. Bagian keutamaan yang dikhususkan untuk Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam pada malam Mi’raj lebih sempurna daripada bagian beliau terhadap lailatul qadr. Sedangkan, bagian untuk umat terhadap lailatul qadr lebih sempurna daripada bagian mereka terhadap malam Mi’raj, walaupun mereka juga memiliki bagian yang sangat besar terhadap malam Mi’raj itu. Namun, keutamaan, kemuliaan, dan kedudukan tinggi hanya didapatkan pada malam itu bagi orang yang diperjalankan (yaitu bagi Nabi) shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Demikian perkataan Syaikhul Islam [6].

Namun, kami perlu mengingatkan bahwa ada sebagian ulama yang berpendapat tentang keafdhalan malam Jum’at di atas seluruh malam lain. Demikian pendapat yang dikuatkan oleh sebagian ulama Syafi’iyyah dan sebuah riwayat dari Imam Ahmad. Mereka berdalil akan berbagai keutamaan hari Jum’at.

Akan tetapi, setelah mencermati berbagai dalil tentang keutamaan lailatul qadr, akan menguatkan pendapat bahwa lailatul qadr adalah malam yang paling afdhal dalam setahun.

Wallâhu A’lam.

Catatan kaki:
[1] Al-Furû’ 3/144.
[2] Raudhah Ath-Thâlibîn 2/255.
[3] Al-I’lâm 5/407.
[4] Al-Inshâf 3/357.
[5] Khushûshiyyât Ash-Shiyâm hal. 235.
[6] Majmû’ Al-Fatâwâ 25/286.


loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 06:22
Powered by Blogger.