Orang Cerdas Jadikan Kematian Sebagai Nasehat

Posted by

“Orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya untuk (hidup) setelah kematian, mereka itulah orang-orang yang cerdik"

Seorang bapak berusia 63 tahun, meninggal dunia saat sedang menuntut ilmu di sebuah pesantren. Tubuhnya tiba-tiba terkulai lemas sesaat setelah tilawah surat Ar Rohman. Dan, saat itu adalah bulan Romadhon, beberapa jam menjelang adzan Maghrib. Maasyaa Alloh, betapa kematian yang indah. Akhir hayat yang husnul khotimah, insyaa Alloh.

Ini adalah peristiwa yang benar-benar memberikan hikmah besar bagi kita yang masih hidup di dunia. Bahwa kematian bisa datang kapan saja dan di mana saja. Tidak mengenal usia, kematian bisa mendatangi orang yang masih berusia belia atau yang sudah manula. Kematian sungguh sebuah misteri. Boleh jadi saat ini kita sudah menunaikan sholat Dhuhur misalnya, namun usia kita tidak sampai di waktu Ashar.

Oleh karena itu saudaraku, jadikanlah kematian sebagai nasehat. Setiap ada lintasan pikiran untuk menunda-nunda sholat, maka ingatlah kematian. Setiap muncul lintasan pikiran untuk maksiat, maka ingatlah kematian. Jangan sampai akhir usia kita berada dalam keadaan yang sedang lalai apalagi melakukan dosa. Yang harus kita kejar adalah kematian dalam kondisi indah, sedang beribadah, sedang mengingat Alloh Swt.
Rosululloh Saw. menyebut orang yang sering mengingat kematian sebagai orang yang cerdik. Dengan mengingat kematian, seseorang akan termotivasi untuk membuat setiap waktunya terisi dengan amal perbuatan yang berkualitas dan bernilai ibadah.

Rosululloh Saw. bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya untuk (hidup) setelah kematian, mereka itulah orang-orang yang cerdik.” (HR. Ibnu Majah)
Semoga Alloh Swt. senantiasa melimpahkan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita bisa meraih husnul khotimah. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin

Aa Gym

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 17:46
Powered by Blogger.