Manfaat dan Efek Samping Minum Minyak Zaitun Setiap Hari

Posted by

Banyak Sekali Manfaat Meminum Minyak Zaitun Setiap Hari Sebelum Tidur, Sebelum atau Sesudah Makan, Tetapi Perlu Juga Diperhatikan Untuk Mereka Yang Memiliki Penyakit Khusus Terhadap Efek Sampingnya

Untuk anda yang suka meminum minyak zaitun setiap hari, ada banyak Manfaat Minum Minyak Zaitun seperti berikut:
1. Mencegah kolesterol naik
Kolesterol tinggi akan memicu banyak penyakit turunan yang beresiko tinggi untuk kesehatan seperti jantung koroner, stroke, gagal jantung dan lainnya. Minyak zaitun jika diminum setiap hari dapat menstabilkan kolesterol dalam kadar yang cukup. Sebab, minyak zaitun memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi.
2. Mencegah pikun
Pikun pada orang tua adalah hal yang normal. Tapi, bukan berarti masalah ini hanya terjadi pada orang tua dan tidak bisa terjadi pada para remaja. Cara mencegah pikun adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Dengan adanya omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi, maka sangat membantu untuk menjaga juga mengembangkan sel otak.
3. Menjaga jantung tetap sehat
Sebagai salah satu organ penting pada tubuh manusia, jantung sangatlah rawan terkena masalah komplikasi. Bahkan, jika berhenti selama satu menit saja, akibatnya bisa fatal. Agar jantung tetap sehat, anda bisa menjaga dan merawatnya dengan rajin meminum minyak zaitun. Kandungan antioksidan nabati didalam minyak ini sangat membantu agar jantung tetap sehat jika anda tahu Manfaat Minum Minyak Zaitun.

4. Mengatasi masalah pencernaan
Selain penyakit batuk dan pilek, masalah pencernaan adalah yang paling sering terjadi. Untuk anda yang memiliki sistem pencernaan yang kurang baik dan sering mengalami gangguan, minum minyak zaitun adalah solusi yang tepat. Sebab, dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa menjadi obat sembelit karena dapat melancarkan pencernaan.
5. Mengatasi rambut rontok
Rambut adalah mahkota dan ketika rambut sering rontok, sudah pasti menimbulkan keresahan terutama bagi para wanita. Rambut yang kerap rontok akan mengganggu penampilan dan sering membuat kamar tampak kotor. Selain mencegah rambut rontok, minyak zaitun jika diminum setiap hari dapat membantu rambut tampak lembut dan mengkilau.

6. Mengurangi resiko jantung koroner
Saat pembuluh darah menuju jantung tersumbat, kondisi ini disebut penyakit jantung koroner. Penyumbatan yang terjadi mengganggu kelancaran pembuluh darah dan seringkali disebabkan oleh timbunan lemak. Minyak zaitun kaya dengan nutrisi yang dapat meminimalisir hal tersebut. Selain mengurangi masalah penyumbatan, minyak zaitun mampu menebalkan pembuluh darah agar bekerja dengan kuat.
7. Mengurangi resiko kanker usus besar
Manfaat Minum Minyak Zaitun selanjutnya adalah untuk mencegah masalah kanker usus besar. Seperti yang sudah disebutkan diatas, minyak zaitun bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga tidak ada masalah dalam pencernaan anda termasuk organ pencernaan seperti usus. Penyakit kanker usus besar adalah masalah kronis tetapi bisa dikurangi resikonya jika rajin meminum minyak zaitun.
8. Mencegah dan mengurangi resiko stroke
Seperti penyakit jantung koroner, penyakit stroke terjadi dan menyerang otak manusia. Hal ini disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah yang harus mengalir lancar menuju otak. Saat darah yang megnalir ke ekstrimatas bawah atau kaki terhambat, maka stroke bisa menyerang. Penderita tidak mampu menggerakkan tubuh dan pencegahan yang bisa dilakukan sejak sekarang adalah rajin meminum minyak zaitun. Manfaat Minum Minyak Zaitun dalam hal ini adalah untuk mengurangi penyumbatan dan menebalkan pembuluh darah.
9. Meningkatkan produksi ASI
Untuk ibu menyusui, ada manfaat minum minyak zaitun setiap hari yakni dapat meningkatkan produksi ASI. ASI bisa lancar jika ibu menjaga makanan yang sehat salah satunya adalah minyak zaitun. Kandungan nutrisi didalamnya bahkan sangat bagus untuk membantu produksi ASI agar tetap melimpah.
10. Menurunkan darah tinggi
Untuk penderita tekanan darah tinggi, Manfaat Minum Minyak Zaitun sangatlah baik. Hipertensi bisa diatasi dengan minum minyak zaitun sebab minyak ini dapat menurunkan kolesterol. Saat kolesterol dalam tubuh turun, maka tekanan darah tinggi bisa menurun.
11. Melembabkan kulit
Mengkonsumsi minyak zaitun untuk kondisi kulit yang kering sangatlah dianjurkan. Sebab, kandungan vitamin D dan E pada minyak ini dibutuhkan tubuh untuk melembabkan kulit yang kering. Minyak ini juga dapat menghaluskan dan melembutkan kulit.
12. Membantu menyehatkan kuku
Tidak hanya wajah dan masalah penyakit dalam lainnya yang bisa diselesaikan dengan rajin minum minyak zaitun, anda pun bisa meminumnya jika anda ingin menjaga kesehatan kuku anda. Untuk anda yang ingin memiliki kuku yang cantik dan sehat untuk menunjang penampilan anda, cara sederhananya adalah dengan minum minyak ini secara rutin.
13. Menurunkan gejala diabetes
Kandungan amilum dan karbohidrat dalam minyak zaitun sangatlah minim. Bahkan, dalam minyak ini kandungan gulanya hampir tidak ada sama sekali. Sehingga, Manfaat Minum Minyak Zaitun sangat baik untuk para pasien diabetes. Dengan kadar gula yang rendah, minyak zaitun juga dapat menurunkan gejala diabetes.

Efek Samping di Balik Manfaat Minyak Zaitun Kesehatan

Minyak zaitun kemungkinan aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari. Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania. Namun terdapat beberapa peringatan khusus bagi penggunaannya :
  1. Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.
  2. Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.
  3. Kehamilan dan menyusui – Belum ada informasi yang dapat menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk zaitun bagi ibu hamil atau menyusui. Jangan gunakan minyak zaitun dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan.

Efek Samping Minyak Zaitun kulit wajah

Meskipun memang tidak terlalu berat dan berbahaya, minyak zaitun tetap memiliki beberapa efek samping bagi kecantikan dan kesahatan dalam penggunaannya. Terutama jika dikonsumsi oleh orang yang memliki alergi atau mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak sesuai takaran yang seharusnya. Untuk orang yang alergi pada minyak zaitun, penggunaannya dengan cara eksternal maupun internal akan membuat setidaknya gatal-gatal dan kulit akan memerah bila tidak cocok dengan kulit anda maka jangan lanjutkan sebab akan menimbulkan efek bagi kecantikan anda.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 20:12
Powered by Blogger.