Bolehkan Berkurban Dengan Ternak Kerbau?

Posted by

Dibeberapa daerah ternyata kurban dengan ternak kerbau sudah dilakukan oleh penduduk daerah tersebut. Sementara didaerah lain yang belum pernah melakukan kurban dengan ternak kerbau masih ada yang bertanya-tanya, bolehkah berkurban dengan ternak kerbau? Jawabannya adalah boleh, uraian dibawah ini semoga bisa memperjelas dan menjernihkan permasalahan boleh tidaknya berkurban dengan ternak kerbau. Semoga bermanfaat dan tetap semangat berkurban setiap tahun.

Para ulama menyamakan kerbau dengan sapi dalam berbagai hukum dan keduanya dianggap sebagai satu jenis (Mausu’ah Fiqhiyah Quwaithiyah, 2:2975).

Ada beberapa ulama yang secara tegas membolehkan berqurban dengan kerbau. Diantaranya dari kalangan Syafi’iyah sebagaimana keterangan di Hasyiyah al-Bajirami, dan Madzhab Hanafiyah sebagaimana keterangan di Al-Inayah Syarh Hidayah 14:192 dan Fathul Qodir 22:106, mereka menganggap keduanya satu jenis.

Syaikh Ibn al-Utasimin pernah ditanya tentang hukum qurban dengan kerbau.

Isi Pertanyaan:

”Kerbau dan sapi memiliki perbedaan dalam banyak sifat sebagaimana kambing dengan domba. Namun Allah telah merinci penyebutan kambing dengan domba tetapi tidak merinci penyebutan kerbau dengan sapi, sebagaimana disebutkan dalam surat Al An’am 143. Apakah boleh berqurban dengan kerbau?”

Beliau menjawab:

”Jika kerbau termasuk (jenis) sapi, maka kerbau sebagaimana sapi namun jika tidak maka (jenis hewan) yang Allah sebut dalam Alquran adalah jenis hewan yang dikenal orang Arab, sedangkan kerbau tidak termasuk hewan yang dikenal orang Arab.” (Liqa’at Bab al-Maftuh, 200:27).

Dalam situs resmi Syaikh Shaleh al-Fauzan, disebutkan salah satu pertanyaan yang disampaikan kepada beliau: …apakah kerbau juga termasuk jenis bahimatul an’am (hewan ternak yang boleh dijadikan qurban)?

Beliau menjawab: “Kerbau termasuk salah satu jenis sapi.”

Sumber: http://www.alfawzan.ws/node/9205, jawaban dalam bentuk rekaman suara.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa berqurban dengan kerbau hukumnya sah, karena kerbau sejenis dengan sapi.

Sumber KonsultasiSyariah.com

Berita: Sebagian Warga Garut Berkuran Ternak Kerbau

Akibat harga sapi yang terlampau mahal, sejumlah warga di Kampung Bojong Larang, Kelurahan Sukamentri, Kabupaten Garut, Jawa Barat lebih memilih kerbau untuk dijadikan sebagai hewan yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

"Harga kerbau jauh murah di kisaran Rp 14 sampai 19 juta untuk berat 2 kuintal. Itu lebih murah daripada sapi yang harganya di atas dua puluhan (Rp 20 juta)," ujar Engkos (62), panitia kurban Kampung Bojong Larang, Jumat (1/9/2017).

Menurutnya, sejak lama panitia kurban di kampungnya kerap memakai sapi sebagai hewan kurban. Seiring terus meroketnya harga sapi dengan bobot hidup yang justru terus menyusut, daging sapi yang dihasilkan jauh berkurang.

Dengan kondisi itu, akhirnya hampir satu dekade terakhir, warga lebih suka menggunakan hewan kerbau untuk hewan kurban. Sebab selain harganya lebih murah, daging yang dihasilkan lebih banyak.

"Soal rasa, sapi dan kerbau kan tidak jauh beda," kata dia.

Ia lantas membandingkan harga kerbau Rp 17 juta dengan bobot 2,5 kuintal, sedangkan sapi yang hanya berat 1,8 kuintal dijual di angka Rp 20 juta. "Sapi itu tulangnya gede dagingnya sedikit, tetapi kalau kerbau justru sebaliknya," papar dia.

Di tengah tingginya harga sapi, ia memperkirakan warga Kampung Bojong Larang bakal tetap menggunakan kerbau sebagai hewan kurbannya, meskipun ada keinginan untuk kembali menggunakan sapi.

"Kecuali kalau harga sapi bisa murah, kami juga di sini ingin kurban sapi. Tapi ya mau gimana lagi (pakai kerbau), harganya (sapi) sekarang kan masih mahal," ujar dia.

Belum optimalnya stok persediaan sapi dalam negeri menyebabkan harga sapi terus meroket saat musim Idul Adha tiba. Rata-rata harga sapi naik Rp 1 juta dibanding tahun sebelumnya dengan bobot hidup sapi yang dijual.

Tak ayal, kondisi ini menyebabkan banyak warga yang akan berkurban, urung mendaftar untuk kurban sapi dan lebih memilih mengalihkan ke kerbau dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber liputan6.com

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 20:59
Powered by Blogger.