Penelitian Ilmiah Manfaat Sirih Untuk Pengobatan

Posted by

Penelitian Ilmiah Manfaat Daun Sirih Sebagai Antibakteri

Dr. Hasim DEA, Dosen Bio Kimia & Toksikologi FMIPA & Pascasarjana IPB tertantang untuk membuktikan khasiat daun sirih secara ilmiah dengan penelitian yang bertujuan membandingkan efektivitas minyak atsiri daun sirih dengan senyawa fluoride. Pada konsentrasi yang sama, terbukti bahwa minyak atsiri Daun Sirih yang mengandung fenol dan kavikol memiliki aktivitas antibakteri 3x lebih efektif daripada senyawa fluoride, karena fluoride hanya berfungsi menghambat perkembangan bakteri dan tidak memusnahkan sedangkan fenol & kavikol dalam minyak atsiri daun sirih memiliki sifat bakterisidal yang mampu membasmi bakteri sehingga lebih efektif dalam menjaga kesehatan gigi, gusi dan menghilangkan bau mulut.

Penelitian Ilmiah Manfaat Daun Sirih Untuk Meredakan Rasa Nyeri dan Sebagai Anti Jamur


Dari hasil penelitian sebagaimana dikutip oleh buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari diungkapkan bahwa sirih juga mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran. Daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri).

Penelitian Ilmiah Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Keputihan

Khasiat daun sirih dalam menyembuhkan keputihan pernah diuji secara klinis. Ini diungkapkan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia.Beliau mengatakan bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.Pengujian melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penyakit hati dan ginjal. Dua puluh di antaranya mendapatkan daun sirih, sedang sisanya diberi plasebo. Baik daun sirih maupun plasebo itu diberikan pada vagina sebelum pasien tidur selama tujuh hari. Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang, masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja.

Penelitian Manfaat Daun Sirih Sebagai Sumber Antioksidan


Penelitian dilakukan di IPB Bogor. Ir. Nuri Andarwulan, Msi dan kawan-kawan dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB melakukan penelitian untuk memanfaatkan limbah minyak asiri daun sirih untuk memproduksi zat antioksidan. Ekstrak antioksidan tersebut selama ini masih diimpor. Penelitian ini berpotensi menurunkan nilai impor bahan antioksidan. Di samping itu, produk emulsi yang dihasilkan dalam penelitian itu juga dapat dimanfaatkan untuk industri kecantikan.


Penelitian Manfaat Daun Sirih Untuk Kesuburan Pria, Obat Asma dan Rematik Serta Disfungsi Ereksi

Sementara itu, di India ada laporan penelitian yang mengatakan daun sirih mempengaruhi kesuburan pria, seperti dilaporkan oleh Indian Journal of Pharmacology. Efek daun sirih terhadap kesuburan laki-laki ini diujikan pada tikus. Diduga, pemberian ekstrak daun sirih yang mengandung alkohol secara oral pada tikus punya efek antikesuburan. Menurut laporan tersebut pemberian dosis ekstrak yang meningkat menyebabkan terjadinya penurunan jumlah sperma pada tikus. Di India, penelitian tentang daun sirih ini tidak hanya untuk kesuburan pria saja. Di sana, daun ini sudah diteliti untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, rematik, lepra, dan sakit gigi, bahkan juga untuk disfungsi ereksi.


Manfaat DAUN SIRIH Bagi Kesehatan :
Daun sirih bermanfaat untuk pengobatan tradisional pada penyakit berikut ini:

Sariawan
Bronchitis
Jerawat
Keputihan
Sakit gigi karena berlubang
Demam berdarah
Bau mulut
Haid tidak teratur
Asma
Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
Gusi bengkak (getahnya)
Membersihkan Mata
Bau badan
Batuk Beberapa Cara Penggunaan Daun Sirih Sebagai Obat Herbal:

Menghilangkan Bau Mulut
Caranya: Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.

Obat Alami Jerawat
Caranya: Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.

Mengatasi Penyakit Keputihan
Caranya: Siapkan dan Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2, 5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.

Mengurangi ASI Berlebih
Caranya: Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Mengatasi Sakit Diare
Caranya: Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh.

Obat Batuk
Caranya: Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.

Mengatasi Bronkitis
Caranya: Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.

Menghilangkan bau badan
Caranya: Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa

Obat Luka bakar
Caranya: Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.

Mengobati Mimisan
Caranya: Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Mengatasi Bisul
Caranya: Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.

Untuk Mata Gatal dan Merah
Caranya: Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.

Mengobati Koreng dan Gatal-Gatal
Caranya : Siapkan dan Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

Menghentikan Gusi Berdarah
Caranya : Ambil dan Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.

Mengobati Sariawan
Caranya: Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 21:57
Powered by Blogger.