Tips Merawat Anak Kelinci dan Induk Yang Baru Melahirkan

Posted by

Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

Teknis dalam perawatan anak kelinci yang baru lahir harus diperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kelinci terjadi pada induk kelinci setelah melahirkan akan segera keluar dari sarang untuk mencari makan untuk anak kelinci. Kelinci tidak seperti hewan lain yang menjaga bayinya, induk kelinci hanya memberikan susu pada bayi kelinci sekitar 5 menit perhari. Nah ini menunjukkan bahwa anak kelinci akan rentan terhadap serangan predator.

Foto anak kelinci umur 1-2 hari

Berdasarkan penglaman, kasus yang sering menimpa peternak kelinci yaitu serangan tikus yang masuk dari dalam tanah. Sebagai pemelihara sekaligus peternak kelinci, beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu memastikan bentuk kandang kelinci sebelum ditempati oleh sang induk kelinci nah maka dari itu kelincipedia.com sudah menyiapkan artikel cara membuat kandang kelinci dengan harga murah meriah bahkan gratis (modal tenaga).

Cara Praktis Merawat Anak Kelinci

Nah cara ini bisa anda lakukan pada saat bangun pagi-pagi lalu perhatikan serta raba-raba perut bayi atau anak kelinci dengan lembut. Kalau kamu merasa hangat di perut anak kelinci maka bisa dipastikan induk kelinci merawat anaknya dengan benar. Perut bayi  kelinci yang hangat itu tanda baru disusui oleh induknya.

Masih kurang yakin? langsung aja menimbang anakan kelincinya. Kamu gaperlu khawatir memegang bayi kelincinya, karena biasanya induk kelinci kurang peduli dengan bau-bauan yang tertinggal setelah bayinya dipegang. Jika kamu sudah selesai menimbang anak kelinci, catat berat bayi kelinci lalu kamu bandingkan dengan hasil timbangan selanjutnya, jika ada kenaikan berat badan hingga 25 gram sudah bisa dipastikan bayi kelinci memang disusui oleh induknya.

mitos kelinci binatang kanibal? Ga usah percaya deh, semua hewan seperti itu jika dalam kondisi “kepepet” contoh Induk kelinci memakan bayinya karena bayi kelinci dianggap tidak mampu lagi untuk bertahan hidup dan itu alamiah.

Cara Mengatasi Induk Kelinci Setress  Setelah Melahirkan

Kamu harus ekstra memperhatikan, kelinci setress sangat berbahaya bagi anak kelinci, karena induk kelinci setelah melahirkan sangat rentan mengalami stress. Nah kondisi itu cara mengatasinya dengan memberikan makananyang induk kelinci sukai agar agresifitasnya bisa di kondisikan atau di tekan.

Foto bulu kelinci untuk menghangatkan anak kelinci

Nah buat kamu yang baru mengalami langsung atau melihat kelinci yang bulunya rontok, jangan panik , karena induk kelinci merontokan bulunya untuk kehangatan anak kelinci karena anak kelinci yang baru lahir tidak memiliki bulu sama sekali (jelas lah). Maka dari itu kita harus memperhatikan kondisi ruangan atau lingkungan kandang kelinci yang pastinya tidak dalam kondisi bersuhu dingin atau lembab.

Cara merawat bayi kelinci sebenarnya tidak sulit hingga usia 3 minggu, bayi atau anakan kelinci hanya mengkomsumsi air susu induk kelinci. Nah ketika memasuki usia 19-25 hari , bayi kelinci mulai belajar menggit serta mencari makan bersama induk kelinci. Jika anak kelinci sudah berumur 35 hari, kita sudah bisa memberikan makanan tambahan seperti konsentrat agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Memindahkan Anak Kelinci Karena Kebanyakan

Kelinci bisa melahirkan dalam jumlah banyak sekaligus, bisa mencapai 8 ekor sekaligus padahal puting susu induk kelinci hanya berjumlah 8. Maka dari itu pindahkan anak kelinci yang baru jika jumlah anak kelinci lebih dari 8 ekor, jika dalam kondisi kepepet  biasanya “peternak kelinci memberi susu anak  kelinci yang tidak mendapat susu dari induknya” (cara ini biasanya digunakan untuk merawat bayi kelinci tanpa induk kelinci).

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 18:55
Powered by Blogger.