Tanaman Lampes, Kandungan Kimia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted by


Mengenal Tanaman Herbal Lampes dan Manfaatnya Untuk Obat Alami Berbagai Macam Penyakit
Selain sebagai antioksidan, penurun kadar gula, lampes juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.
Tanaman Lampes. Termasuk famili Labiatea. Merupakan terna semak dengan tinggi 30—150 cm. Batang berkayu, berbentuk segi empat, beralur,bercabang, berbulu, warna hijau.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes:
  1. Tanaman lampes bermanfaat untuk sakit diabetes atau kencing manis.
  2. Tanaman lampes berkhasiat sebagai obat batuk.
  3. Tanaman lampes digunakan untuk menghilangkan bau badan.
  4. Tanaman lampes berguna untuk obat sariawan.
  5. Tanaman lampes untuk melancarkan pernapasan.
  6. Tanaman lampes sebagai obat anti bakteri e coli
  7. Tanaman lampes berguna untuk menurunkan kolestrol.
  8. Tanaman lampes berkhasiat sebagai antioksidan.
  9. Tanaman lampes sebagai obat penyakit kanker.
Nama Ilmiah : Ocimum sanctum
Nama Daerah : Kemanghi, lufe-lufe, uku-uku.
Jawa Tengah : Lampes
Sunda : Lampes
Madura : Kemanghi
Bali : Uku-uku
Ternate : Lufe-lufe

Ciri-ciri Umum :

Daun tunggal, berbentuk bulat telur, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, pertulangan menyirip, panjang 14—16 mm, lebar 3—6 mm, panjang tangkai mencapai 1 cm, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk tandan, berbulu, daun pelindung berbentuk dips, bertangkai pendek, mahkota berbentuk bulat telur, warna putih keunguan. Buah berbentuk kotak, warna cokelat tua, berisi 4 buah biji berbentuk kecil. Akar tunggang, warna putih kotor.

Kandungan Kimia :

Daun mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan tanin. Biji mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol.

Khasiat dan Manfaat :

Gloat penurun tekanan darah, pembersih darah, dan penurun panas, menurunkan kadar gula darah

Bagian yang Digunakan Daun

Daun lampes diketahui dapat mengobati diabetes.

Eugenol bisa menghindari kerusakan organ tubuh pasca gangguan peredaran darah. Jadi, bila mengonsumsi ekstrak Daun Lampes secara teratur dapat membantu mencegah merambatnya kerusakan sel pada daerah yang terkena stroke, misalnya pada otak.

Studi/ penelitian lain menunjukkan bahwa kerja kandungan Daun Lampes berkaitan dengan cellular antioxidant defence system. Ini berarti aktivitas penurun kadar gula darah dilakukan oleh senyawa yang bekerja sebagai antioksidan di dalam daun tersebut.

Selain sebagai antioksidan, penurun kadar gula, lampes juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

Mengobati Kurang darah :

Daun lampes 1/2 genggam; Daun plustru 2 lbr; Daun pepaya 1/2 lembar; Daun meniran 1/3 genggam; Lempuyang 1 jari; Air 5 gelas, Semua bahan direbus dengan air 5 gelas tadi hingga tinggal 2 gelas; sesudah dingin disaring, Diminum 2 kali sehari 1 gelas.

Untuk pelancar air susu ibu, Ambil 25 gram daun segar Ocimum sanctum, dicuci dan dimakan mentah sebagai lalap.

Efek farmakologis sebagai peluruh air susu ibu, juga sebagai obat penurun panas dan memperbaiki pencernaan.

Tanaman lampes adalah tanaman semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman lampes ini dapat dijumpai pada daerah tepi hutan, ladang, dan tepi sawah. Nama latin tanaman lampes adalah Ocimun Sanctum L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tananaman lampes memiliki nama Holy Basil, Tulasi, dan Tulsi.

Menurut sejarah asal tanaman lampes ini berasal dari daerah tropis Asia Barat. Persebaran tanaman lampes ini dari daerah India, Indonesia, Thailand, Asia Barat, Australia, Semenanjung Arab, Kepulauan Melayu, Malaysia dan Kepulauan Pasifik

Ciri-ciri tanaman lampes ini memiliki daun yang kecil mirip tanaman kemangi namun agak keunguan pada daun dan batangnya. Fungsi dan kegunaan tanaman lampes bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai tanaman liar atau gulma. Namun sering tidak kita ketahui ternyata tanaman obat lampes ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 06:58
Powered by Blogger.