Penyakit Al-Wahan

Posted by

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ الْأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الْأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزَعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمْ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمْ الْوَهْنَ فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهْنُ قَالَ حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ

Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam “Hampir tiba masanya kalian diperebutkan seperti sekumpulan pemangsa yang memperebutkan makanannya.” Maka seseorang bertanya: ”Apakah karena sedikitnya jumlah kita?” ”Bahkan kalian banyak, namun kalian seperti buih mengapung. Dan Allah telah mencabut rasa gentar dari dada musuh kalian terhadap kalian. Dan Allah telah menanamkan dalam hati kalian penyakit Al-Wahan.” Seseorang bertanya: ”Ya Rasulullah, apakah Al-Wahan itu?” Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: ”Cinta dunia dan takut akan kematian.” (HR Abu Dawud)

Paham hedonisme yang selalu disebarluaskan dan dipraktekkan dalam budaya-budaya barat, dimuat dalam media-media yang sangat liberal perlahan-lahan mulai meracuni kaum muslimin. Mereka mulai terbawa untuk mengikuti arus budaya barat yang sesungguhnhya sangat bertentangan dengan budaya Islam.

Ada pameo yang salah kaprah, yang penting tetap sholat meskipun gaya hidup mengikuti kaum non muslim. Sehingga berkembang istilah STMJ : Sholat Terus Maksiat Jalan, na'udzubillahi min dzalik. Sudah sedemikian parahnya kah generasi umat ini di jaman-jaman akhir sekarang ini? Gempuran media televisi, koran, dan internet apabila tanpa di filter akan sangat cepat merasuki mental generasi muda muslim untuk terbawa budaya non muslim.

Banyak contoh apabila kita jalan ke pantai bagaimana mereka yang nota bene orang Islam, bertamasya di pantai dengan pakaian ala kadarnya, maaf, aurat terbuka dimana-mana.

Budaya hedonis dimana orang hanya mengejar kesenangan duniawi pada gilirannya akan tertanam kuat dalam hati sehingga segala sesuatu hanya diukur dengan materi dan kesenangan. Hal inilah yang pelan tapi pasti akan menyebabkan seseorang dihinggapi penyakit Wahan, yaitu cinta dunia dan takut mati, karena mereka merasa tidak punya bekal apapun yang akan dibawa mati sehingga perasaan takut mati makin lama akan semakin kuat. Mudah-mudahan kita bisa menghindarkan diri dari pengaruh hedonisme barat sehingga tidak terjangkit penaykit al wahan dan tetap istiqomah dalam jalan yang lurus yaitu Islam. Karena sesungguhnya agama dihadapan Allah hanyalah Islam.

Artikel lainnya:

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 04:30
Powered by Blogger.