Utamanya Orang Berilmu dan Mengajarkannya

Posted by

Firman Allah SWT :

"Akan tetapi (Dia berkata):" Hendaklah kamu menjadi orang-orang robbani karena kamu selalu mengajarkan alkitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya". (QS Ali 'Imran : 79)

Dari Abu Musa, dari Nabi SAW, beliau bersabda: Perumpamaan ilmu dan petunjuk yang Allah SWT mengutusku dengannya yaitu seperti air melimpah yang tercurah ke bumi. Maka diantara bumi itu ada yang bersih, menerima air lalu menumbuhkan rerumputan yang banyak dengannya. Dan diantaranya ada yang gersang yang mampu menahan air, maka Allah SWT memberikan manfaat kepada manusia dengannya, lalu mereka meminum, menyirami tanaman dan bertani dengannya. Dan ada bagian air yang menimpa bagian lain dari bumi, dia adalah permukaan yang lereng, yang tidak bisa menahan (menyimpan) air dan tidak bisa menumbuhkan rerumputan. Maka itulah perumpamaan orang yang mengerti tentang agama Allah SWT dan memberi manfaat kepadanya risalah yang Allah SWT mengutusku dengannya, lalu ia mengetahui dan mengajarkan. Dan perumpamaan orang yang tidak perduli terhadap hal itu dan tidak mau menerima petunjuk Allah SWT yang aku diutus dengannya (Muttafaqun'alaih).

Dari Abdullah bin Mas'ud berkata, Nabi SAW bersabda: " Tidak boleh dengki kecuali kepada dua orang : Seseorang yang diberikan oleh Allah SWT harta, lalu ia menyalurkannya dalam kebenaran, dan seseorang yang diberikan oleh Allah SWT hikmah (ilmu) dan ia memutuskan hukum dengannya dan mengajarkannya (Muttafaqun'alaih).

Demikian sekilas keutamaan orang berilmu dan dia mengajarkan ilmunya. Juga keutamaan orang berharta yang menyalurkannya di dalam kebenaran. Dua golongan inilah yang kita boleh iri dengannya dan berharap bisa melakukan atau menjadi salah satu diantara dua golongan itu atau bahkan bisa masuk dalam kedua golongan tersebut sekaligus. Aamiin ya Robbal 'aalamiin.

Cara diangkat dan diambilnya Ilmu

Dari Anas bin Malik berkata, Maukah aku ceritakan satu hadis yang pernah aku dengar dari Rasulullah SAW, yang tidak ada seorangpun yang menceritakannya kepadamu setelahku, yang pernah mendengarnya dari beliau:
" Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat: diangkatnya ilmu, nampaknya kebodohan, tersebarnya perzinahan, diminumnya arak, berkurangnya para laki-laki dan tersisalah para wanita, sehingga bagi lima puluh orang perempuan hanya ada seorang (laki-laki) sebagai penanggungjawab". (Muttafaqun'alaih).

Dari Abdullah bin 'Amr bin al 'Ash berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Sesungguhnya Allah SWT tidak mengambil ilmu secara langsung yang diambilnya dari seorang hamba, akan tetapi Allah SWT mengambil Ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga apabila tidak ada lagi orang yang berilmu, manusia memilih para peminpin yang bodoh, maka mereka ditanya lalu memberi fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat dan menyesatkan". (Muttafaqun'alaih)

Secara rinci bisa dikatakan bahwa diambil dan diangkatnya ilmu merupakan salah satu tanda-tanda kiamat. Adapun tanda-tanda kiamat lainnya adalah:


  • Nampaknya kebodohan
  • Tersebarnya perzinahan
  • Minuman keras merajalela (diminumnya arak)
  • Berkurangnya jumlah lelaki dibanding kaum wanita
Wallaahua'lam, semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 08:06
Powered by Blogger.