Beginilah Seorang Muslim Memuliakan Tamunya

Posted by

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata,: " Ada seseorang datang kepada Nabi SAW, dan berkata: " Sesungguhnya saya sangat lapar" Maka beliau membawanya ke salah seorang istrinya, dan istrinya berkata: " Demi Dzat yang mengutus engkau dengan kebenaran, saya tidak mempunyai apapun kecuali air." Kemudian membawanya ke istri yang lain, dan istri yang lain menjawab seperti yang dikatakan istri pertama, sehingga semua istrinya menjawab seperti yang dikatakan istri pertama, yakni. : " Demi Dzat yang mengutus engkau dengan kebenaran, saya tidak mempunyai apapun kecuali air." Maka beliau bersabda kepada para sahabatnya." Siapakah yang sanggup menjamu tamuku pada malam ini?" Salah seorang sahabat Anshar berkata:" Saya wahai Rasulullah". Kemudian orang itu pergi bersama sahabat tadi. Sesampainya di rumah ia berkata kepada istrinya:" Muliakanlah tamu Rasulullah SAW".


Dalam riwayat lain dikatakan: " Sahabat itu bertanya kepada istrinya:" Apakah kamu mempunyai makanan?" Istrinya menjawab:" Tidak punya kecuali makanan untuk anak-anak." Sahabat itu berkata :" Hiburlah mereka dengan sesuatu. Apabila mereka ingin makan, tidurkanlah mereka. Apabila tamu kita masuk, padamkanlah lampu dan perlihatkanlah seolah-olah kita ikut makan". Kemudian mereka duduk bersama, dan tamu itu makan, tetapi sahabat dan istrinya dalam keadaan lapar. Ketika pagi mereka bertemu dengan Nabi SAW, dan beliau bersabda:" Sungguh Allah kagum pada perbuatan kalian dalam menjamu tamu semalam". (HR Bukhari dan Muslim)

Sahabat Muslim, pembaca akhiryangbaik.blogspot.com demikian dahsyatnya iman yang tertanam pada generasi muslim di masa kenabian, sehingga untuk menjamu tamu Rasulullah SAW, mereka rela berlapar-lapar dan yang lebih indah membuat Allah yang maha Perkasa sampai kagum dengan perbuatan mereka.

Semoga kita bisa meneladaninnya, aamiin. Wallaahua'lam.

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 23:36
Powered by Blogger.