INI BAHAYA KURANG TIDUR DAN STRES BERAT

Posted by

Jika Anda merasa akhir-akhir ini gairah bercinta seakan memadam, coba perhatikan kembali pola tidur dan tingkat stres Anda. Sebab dua hal ini memengaruhi kadar testosteron di dalam tubuh lho.

Profesor sosiologi dari University of Washington, Pepper Schwartz, mengungkapkan bahwa tanpa disadari orang sering melakukan beberapa kebiasaan yang ternyata berkaitan dengan hormon testosteron dan berujung pada penurunan gairah bercinta.

Salah satunya adalah kurang tidur. Peneliti dari University of Chicago melakukan pengamatan pada gairah bercinta pada sekelompok pria sehat. Mereka diminta untuk hanya tidur selama 5 jam per malam. Setelah satu pekan, kadar testosteron peserta berada pada rentang 15 persen lebih rendah dari kadar normal.

Hasil lainnya menyebutkan juga bahwa kurang tidur memengaruhi suasana hati dan energi Anda. Keduanya akan berada pada kadar yang kurang sehat ketika Anda kurang tidur. Oleh sebab itu, cukupi tidur malam setiap hari setidaknya 7-8 jam.

"Gangguan tidur seperti kurang tidur benar dapat menyebabkan kelelahan, sementara untuk bercinta Anda membutuhkan energi yang cukup," tambah Schwartz, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Selain gangguan tidur, kecemasan berlebihan dan stres juga dapat menurunkan hormon testosteron dan memengaruhi penurunan gairah bercinta. Alasannya, ketika Anda sedang stres maka tubuh 'sibuk' melepaskan hormon stres seperti kortisol dan tidak menghasilkan banyak testosteron.

Jika Anda tengah menghadapi masalah, ada baiknya segeralah mencari meditasi atau kegiatan bersama pasangan yang bisa membuat Anda rileks. Jangan biarkan stres berkepanjangan karena dapat mempengaruhi libido.

Artikel Lainnya:


loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 07:03
Powered by Blogger.