DAMAIKAN ORANG YANG BERSENGKETA

Posted by

Kadang orang malah suka jika ada teman atau saudara atau tetangganya sedang tidak akur, bahkan kadang-kadang suka berperan jadi "kompor' yang memanas-manasi keadaan agar jadi tambah ramai. Hal ini sangat dilarang dalam ajaran Islam. Islam bahkan mengajarkan agar kita selalu berusaha mendamaikan orang yang sedang bersengketa.

Firman Allah SWT:
" Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia". (An-Nisa': 114)

"Dan perdamaian itu lebih baik" (An-Nisa': 128)

" Maka bertaqwalah kepada Allah dan perbaikilah hubungan diantara sesamamu" (Al-Anfaal: 1)

" Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu damaikanlah kedua saudaramu" (Al-Hujuraat: 10).

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Setiap ruas tulang manusia sebaiknya disedekahi (oleh pemiliknya) setiap hari, (sebagai pernyataan syukur kepada Allah atas keselamatan tulang-tulangnya. Dan macam sedekah itu banyak sekali), diantaranya berlaku adil diantara dua orang yang bersengketa, membantu teman ketika menaiki tunggangannya, atau menaikkan barang temannya ke punggung tunggangannya, ucapan yang baik, setiap langkah yang kamu lakukan untuk melakukan shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan sesuatu yang merugikan di jalan adalah sedekah. (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Ummu Kultsum binti 'Uqbah bin Abu Mu'aith ra, ia berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda:" Bukan pendusta orang yang mendamaikan orang yang sedang bersengketa, karena ia bermaksud baik atau berkata baik. (HR Bukhari dan Muslim).

Selayaknya sesama muslim adalah satu tubuh, perasaan ini harus selalu kita pupuk dalam hati kita, sesama muslim adalah saudara. Jika bagian tubuh kita ada yang sakit maka bagian tubuh yang lain akan ikut merasakan ketidaknyamanan yang terjadi akibat sakit tersebut. Demikian pula seharusnya sikap seorang muslim. Jangan suka menjadi provokator jika ada pertikaian sesama orang mukmin tapi jadilah penengah dan berusaha berlaku adil diantara kedua belah pihak.
Semoga bermanfaat. Wallaahua'lam bishshowab.
Artikel Lainnya:

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 03:26
Powered by Blogger.