Harta dan Empat Macam Manusia

Posted by

Dari Abu Kabsyah Umar Bin Sa'ad Al-Anmariy ra, ia mendengan Rasulullah SAW bersabda: " Ada tiga hal yang akan aku sampaikan kepada kalian, agar dapat kalian menjaganya dengan baik.

  • Pertama: Harta seseorang tidak akan berkurang karena sedekah
  • Kedua : Seseorang yang dianiaya dan ia sabar atas penganiayaan itu, maka Allah SWT akan membalasnya dengan kemuliaan
  • Ketiga: seseorang yang membuka pintu untuk meminta-minta, niscaya Allah akan membuka untuknya pintu kemiskinan atau yang semacamnya.
Dan akan aku sampaikan suatu berita kepada kalian, dan jagalah dengan baik, yaitu:
"Sesungguhnya di dunia ini ada empat macam manusia:

  • Pertama: Orang yang dikaruniai harta dan ilmu oleh Allah, dipergunakan untuk bertaqwa kepada Tuhannya, menghubungkan tali persaudaraan, dan tahu bahwa Allah mempunyai hak. Orang ini mempunyai derajat yang paling utama.
  • Kedua: Seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Allah, dan tidak dikaruniai harta, tetapi dengan niat yang sungguh-sungguh ia berkata:"Andaikan saya mempunyai harta, niscaya akan saya amalkan seperti amalnya si Fulan". Karena niatnya ia mendapatkan pahala yang sama seperti pahala orang yang beramal.
  • Ketiga: Seseorang yang dikaruniai harta dan tidak mau menghubungkan tali persaudaraan, serta tidak sadar bahwa Allah mempunyai hak dalam hartanya tersebut. Orang ini mempunyai derajat paling rendah.
  • Keempat: Seseorang yang tidak dikaruniai harta dan tidak dikaruniai ilmu, kemudian ia berkata: "Andaikan saya mempunyai harta, niscaya saya akan berbuat seperti apa yang diperbuat oleh si Fulan (orang ketiga)," Karena niatnya, ia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang berbuat. (HR Tirmidzi).
Perumpamaan Orang Kikir dan Orang Dermawan

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Perumpamaan orang yang kikir dan orang yang menafkahkan hartanya, bagaikan dua orang yang memakai baju besi dari susu sampai ke bahunya. Setiap kali orang menafkahkan hartanya, berkembanglah baju besi yang dipakainya, sehingga tertutuplah semua badannya. Sedangkan orang yang kikir, jika hendak menafkahkan hartanya, niscaya makin melekatlah lingkaran baju besi itu pada tempatnya. Sehingga baju besinya bertambah sempit". (HR Bukhari - Muslim)

Sahabat muslim pembaca akhiryangbaik.blogspot.com semuanya, semoga kita bisa lebih berhati-hati dengan hati kita, lebih berhati-hati dengan niat kita, karena amalan akan dinilai sesuai dengan niatnya. Harta tidak akan dibawa mati, gunakan seperlunya, banyak-banyaklah kita bersedekah, mudah-mudahan kita bisa masuk golongan orang yang Pertama di atas yaitu :

Orang yang dikaruniai harta dan ilmu oleh Allah, dipergunakan untuk bertaqwa kepada Tuhannya, menghubungkan tali persaudaraan, dan tahu bahwa Allah mempunyai hak. Orang ini mempunyai derajat yang paling utama.

Semoga bermanfaat. Wallaahua'alam.
Artikel Lainnya:

loading...

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Suka


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Artikel Bermanfaat Semoga Updated at: 23:18
Powered by Blogger.